18 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cut Aja Rizka dan Putrinya Ziarahi Makam Teungku Chik Pante Kulu

...

  • Jamaluddin
  • 03 December 2018 23:10 WIB

Cut Aja Rizka di depan komplek makam Tgk. Chik Pante Kulu, Senin, 3 Desember 2018, petang. @Jamaluddin/portalsatu.com
Cut Aja Rizka di depan komplek makam Tgk. Chik Pante Kulu, Senin, 3 Desember 2018, petang. @Jamaluddin/portalsatu.com

ACEH BESAR -  Penyanyi senior Aceh, Cut Aja Rizka, dan putrinya bersama kru teater berziarah ke makam Teungku (Tgk.) Chik Pante Kulu dan Makam Tgk. Chik di Tiro bersama kru teater The Spirit of Aceh Adapted from Hikayat Prang Sabi Sabi pada Senin, 3 Desember 2018.

"Dengan adanya kunjungan ke makam ini setidaknya kita membuat kembali sesuatu seperti 'ikatan' --yang berjarak begitu jauh-- dengan tahun yang bisa dikatakan ratusan tahun yang lalu," katanya.

Cut Aja mengatakan, dengan adanya ziarah itu akan bisa mengenang kembali dan menghargai  apa yang telah dibuat, karya yang dituliskan Hikayat Prang Sabi sehingga membuat kita semua jadi lebih mencintai tentang hikayat yang telah dibuat oleh Teungku Chik Pante Kulu.

"Hikayat Prang Sabi ini adalah bukan fiksi akan tetapi adalah fakta. Fakta tentang kepahlawanan yang hikayatnya ditulis oleh Teungku Chik Pante Kulu, juga kepahlawanan seorang Teungku Chik di Tiro, menurut saya, dengan adanya teater ini kita harus lebih mengenal lagi tokoh-tokoh yang telah membuat hikayat Prang Sabi ini," kata Cut Aja.

Kehadirannya di Aceh ini karena diundang khusus oleh Sutradara Teater Hikayat Prang Sabi, Muhammad Yusuf, atau yang sering dikenal dengan Yusuf Bombang atau Apa Kaoy.

"Peran saya di teater Hikayat Prang Sabi sebagai Teungku Fatimah seorang janda korban perang ketika masa Belanda dulu," katanya.

Dari Tanggerang, Cut Aja berangkat ke Aceh pada hari Selasa 27 November 2018 kemudian langsung bergabung dengan tim teater untuk latihan, persiapan pertunjukan acara yang akan dipentaskan pada 7-8 Desember 2018 di Indoor Taman Budaya Banda Aceh. Kemudian setelah sehari atau dua hari selesai acara, ia mengatakan akan langsung kembali lagi ke Islamic Village, Karawaci, Tanggerang.

"Alhamdulillah saya bisa ikut berziarah bersama-sama ke makam Tgk. Chik Pante Kulu dan Makam Tgk. Chik di Tiro. Saya selalu bawa yang kecil ini karena minta ikut ingin lihat kegiatan Uminya," kata Cut Aja.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.