25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Keren, Despacito Jadi Lagu Paling Sering Di-Streaming Sepanjang Masa

...

  • OKEZONE
  • 20 July 2017 11:50 WIB

Luis Fonsi. (Foto: VanityFair)
Luis Fonsi. (Foto: VanityFair)

SAN JUAN – Demam lagu Despacito melanda dunia, hal itu bisa dilihat dari beragam cover song yang muncul di media sosial. Akibat popularitasnya yang tinggi, sang penyanyi sekaligus pencipta lagu tersebut yakni Luis Fonsi sukses memecahkan rekor streaming global.

Tak hanya sukses lewat rekor streaming, menariknya, di Indonesia lagu ini kembali di daur ulang dengan lirik berbahasa daerah seperti Sunda hingga Jawa.

Mencuatnya lagu yang dibawakan penyanyi asal Puerto Rico itu dinilai sebagai tanda betapa besarnya pengaruh streaming global. Setelah sebelumnya dunia musik terkesan dikuasai Amerika Serikat dan Inggris. Akan tetapi, dengan adanya layanan musik online, membuat peredaran musik lebih merata dengan target market yang luas.

“Industri ini telah didominasi seniman berbahasa Inggris selama 50 tahun terakhir. Namun streaming akan terus membuka musik dari seniman Amerika Latin secara global,” kata Kepala Universal Music Group Sir Lucian Grainge seperti dilansir Sindonews dari BBC, Kamis (20/7/2017).

Dengan semakin majunya teknologi dewasa ini, Lucian optimistis lagu non-Inggris bisa bersaing. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan muncul “Despacito” lain yang akan mengalahkan lagu berbahasa Inggris.

Streaming (layanan online) telah memungkinkan sebuah lagu dengan irama yang berbeda dari budaya yang berbeda, dalam bahasa yang berbeda untuk menjadi raksasa kesuksesan dan kesenangan ini,” terang Grainge.

Berdasarkan catatan Billboard, single Luis Fonsi telah menjadi lagu paling banyak di-streaming sepanjang masa. Pasalnya, dalam kurun waktu yang relatif singkat, sejak enam bulan terakhir diperkenalkan di pasaran, angka penerima layanan untuk lagu ini terus meningkat.

Melirik dari kisahnya, Despacito merupakan karya milik Luis Fonsi & Daddy Yankee featuring Justin Bieber yang menjadi hits diberbagai negara karena mengandalkan lagu berbahasa campuran Spanyol dan Inggris.

Bersama dengan Justin Bieber, Luis Fonsi beberapa tampil di panggung membawakan single Despacito. Namun Justin juga sempat lupa lirik saat menyanyikan lirik lagu berbahasa Spanyol dan Inggris ini.

Berdasarkan data Billboard, single hit tersebut telah dimainkan sebanyak 4,6 miliar kali di semua layanan streaming, menyalip lagu berjudul ‘Sorry’ milik Justin Bieber yang sebelumnya menempai posisi teratas.[] Sumber: okezone.com

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.