26 September 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia

Festival Film Dokumenter Pelajar 2017
Naskah Tarek Pukat 'Surga Ikan Menawan Ujong Blang' Wakili Aceh

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 10 September 2017 18:20 WIB

LHOKSUKON - Siswa SMA Negeri 1 Matangkuli, Aceh Utara mewakili Provinsi Aceh pada ajang Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 yang diselenggarakan Pusbang Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Alila Hotel, Jakarta Pusat. Kegiatan itu dilaksanakan mulai 7 hingga 13 September 2017.

Dalam rangka memperingati Hari Maritim Nasional bulan Agustus lalu, Pusbang Film Kemdikbud menggelar event film dokumenter bertema laut. Panitia menyeleksi garapan naskah terbaik, hingga akhitnya terpilih 20 sekolah dari seluruh Indonesia.

"Ini merupakan prestasi yang baik bagi siswa SMAN 1 Matangkuli karena berhasil masuk dalam nominasi. Ini dapat memacu siswa lain ikut serta dalam mengembangkan minat dan bakat yang disukainya, karena di sekolah ada beberapa ekskul yang setiap tahunnya diberangkatkan pada event nasional. Kali ini, tim produksi film SMAN 1 Matangkuli binaan Pena Pasee lolos," ujar Rahmatsyah, S.Pd, pembina ekskul bidang seni dan sastra, kepada portalsatu.com, melalui pers rilis, Minggu, 10 September 2017.

Ia menyebutkan, peserta yang naskahnya lolos seleksi diundang ke Jakarta selama 7 hari untuk mengikuti workshop dan training pembuatan film dokumenter. 

"Usai pelatihan nantinya siswa akan kembali ke Aceh Utara untuk melakukan shooting di Pantai Ujong Blang, Lhoksemawe. Judul film dokumenter siswa yang lolos adalah Tarek Pukat (Surga Ikan Menawan Ujong Blang). Jika karya siswa masuk dalam lima besar, nantinya akan diundang kembali pihak kementrian untuk pengumuman dan pengambilan juara," ujar Rahmatsyah.

Kepala SMA Negeri 1 Matangkuli, Drs. Ridwan, mengaku sangat bangga akan prestasi yang telah diraih siswanya dalam beberapa tahun terakhir. 

"Siswa yang berhasil lolos pada ajang Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 Pusbang Film Kemdikbud, yaitu, Akbar Miswari, Muhammad Uzair dan Ghaza Al-Hafizs. Ketiganya merupakan siswa kelas X (sepuluh)," kata Ridwan.

Sebelumnya, kata Ridwan, siswa SMAN 1 Matangkuli juga telah menjuarai Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia di Jakarta Utara. "Kala itu siswa meraih mendali perunggu dan menjadi finalis pada Indonesian Science Project Olimpyad di Tanggerang Selatan," ujar Kepala SMA Negeri 1 Matangkuli.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.