18 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Rambut Ludwig van Beethoven Dilelang, Berapa Harganya?

...

  • TEMPO
  • 12 June 2019 11:00 WIB

Ludwig van Beethoven[Wikimedia.org]
Ludwig van Beethoven[Wikimedia.org]

Potongan rambut komposer besar dari Jerman, Ludwig van Beethoven, akan dilelang untuk umum.

Rambut Beethoven akan dilelang pada hari Selasa, dengan nilainya diperkirakan antara sekitar US$ 15.000 hingga US$ 19.000 (Rp 213 juta hingga 270 juta). Rambut itu adalah bagian dari koleksi Manuskrip Penting, Penjualan Buku dan Penjualan Musik yang dimiliki balai lelang Sotheby.

Dikutip dari CNN, 11 Juni 2019, balai lelang Sotheby mengatakan rambut Beethoven itu disimpan dengan benang sutra dan dibuat dalam bingkai oval kaca abad ke-19.

Memotong beberapa helai rambut untuk diberikan kepada seseorang bukanlah praktik yang tidak biasa selama abad ke-18 dan ke-19.

Namun, ketika penggemar Beethoven, Anton Halm, meminta beberapa rambut komposer pada tahun 1826 untuk hadiah kepada istrinya, Beethoven menolaknya, menurut Sotheby.

Halm telah meminta teman Beethoven, pemain biola Karl Holz, untuk mengambil rambut Beethoven. Tapi Holz kembali dengan rambut kambing sebagai gantinya.

Ketika Beethoven mengetahui hal ini, dia memotong beberapa potongan rambutnya dan memberikannya kepada Halm sendiri. Untaian rambut itu disimpan di keluarga Halm selama bertahun-tahun dan akhirnya diberikan kepada murid Halm, seorang pianis dan komposer yang bertemu Beethoven pada tahun 1815 dan sering bermain untuknya, kata Sotheby.

Ini bukan pertama kali rambut Beethoven dijual.

Sotheby melelang rambut lain pada tahun 1994 untuk dua penggemar Beethoven yang kemudian melakukan tes forensik untuk menentukan mengapa Beethoven secara kronis memiliki kesehatan yang buruk.

Menurut laporan Reuters, Sotheby melelangrambut Ludwig van Beethoven yang lebih kecil, yang diambil setahun setelah kematiannya pada tahun 1827, pun rambut komposer ternama lain seperti Frederic Chopin dan Wolfgang Amadeus Mozart serta pahlawan angkatan laut Inggris Horatio Nelson.[]Sumber:tempo.co

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.