13 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


The Weeknd Dituduh Jiplak Lagu 'Starboy'

...

  • portalsatu.com
  • 26 November 2018 12:30 WIB

The Weeknd. @John Shearer/Getty Images for iHeartMedia
The Weeknd. @John Shearer/Getty Images for iHeartMedia

Penyanyi The Weeknd menghadapi tuntutan hukum yang diajukan oleh tiga penulis lagu asal Inggris terkait tuduhan penjiplakan.


Scott McCullouch, Brian Clover dan Billy Smith meyakini bahwa Starboydan A Lonely Night dari album Starboy (2016) memakai nada kunci yang sama dengan lagu I Need to Love yang direkam pada 2004 memakai nama band Sonic Religion.

Clover mengklaim dirinya dan rekannya berusaha menjual sejumlah lagu ke sebuah label rekaman pada 2016 silam. Menurutnya, dua minggu sebelum Starboy diedarkan pada 25 November 2016, seorang eksekutif label memberitahunya bahwa lagunya tak laku dan mengembalikan hak milik.

"Lagu-lagu itu ditahan untuk beberapa hal seperti Pop Idol tetapi ternyata tidak pernah terpakai, jadi label kemudian berusaha menjualnya, tapi tak pernah terjadi," tutur Clover kepada BBC.

"Jadi akhirnya kami mendapatkan lagu-lagu itu kembali. Mereka melepas hak kepemilikannya pada kami," lanjutnya.

Clover mengaku menyadari persamaan yang dimaksud ketika dirinya mendengar lagu The Weeknd kala berbelanja di Colchester, Inggris. Ia segera menghubungi kedua kawannya lantas berunding mencari solusi masalah sebelum memutuskan membawa ke jalur hukum.

Clover menyebut situasi ini membuatnya 'frustasi', terutama karena ambisi terbesarnya adalah masuk kredit dalam sebuah album hit populer.

Menurut musisi tersebut, yang bisa memiliki akses menyambungkan kedua lagu itu adalah penulis lagu yang bekerja untuk label, yang mendapat kiriman lagu Sonic Religion, pula diketahui turut andil dalam album Starboy.

Clover menyatakan kepada BBC, kasus tersebut sudah masuk proses pra-peradilan sejak Januari silam.

Melansir Ace Showbiz, perwakilan dari kantor pengacara Inggris Russells yang mewakili Abel Makkonen Tesfaye alias The Weeknd, membantah semua klaim tersebut.

Starboy adalah album ketiga The Weeknd, yang berhasil merajai tangga lagu Billboard 200 Amerika, dan menempati peringkat lima di Inggris. 

Berkat album itu, tahun ini The Weeknd membawa pulang Grammy Awards untuk kategori Best Urban Contemporary Album.[]Sumber:cnnindonesia

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.