21 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Muhammad Hafiz, Saudagar dari Pakistan Pedagang Permadani Turki di Aceh

...

  • PORTALSATU
  • 27 May 2018 18:30 WIB

@JAMALUDDIN/PORTALSATU.COM
@JAMALUDDIN/PORTALSATU.COM
@JAMALUDDIN/PORTALSATU.COM
@JAMALUDDIN/PORTALSATU.COM
@JAMALUDDIN/PORTALSATU.COM

RUANGAN galeri yang luas itu ditopang lima belas tiang bersegi empat. Di tiap-tiang tiang tergantung masing-masing dua lukisan atau kaligraphi dengan berbingkai warna emas. Permadani aneka warna yang dihiasi aneka ornamen khas Turki terhampar di lantai, dan terpajang di dinding mengelilingi seluruh ruangan.

Di bawah cahaya lampu yang menerangi ruangan, Muhammad Hafiz, saudagar dari negeri Pakistan, berjalan di antara gulungan-gulungan ambal (permadani). Kemudian, ia terlihat berbicara dengan beberapa pembeli.

Siang itu, ia terlihat mengenakan pakaian gamis khas Pakistan. Di Samad and Sons Carpets, Hafiz ditemani seorang saudara kandungnya.

Beberapa pemuda Aceh terlihat tengah bekerja sebagai karyawan di sana. Pemuda-pemuda itu dengan ramah selalu siap melayani para tetamu dan mengantarkan barang belanjaan ke kendaraan mereka.

Karpet di Samad and Sons Carpets tersedia dalam berbagai ukuran dari berbagai jenis. Di antaranya, sajadah, permadani, dan lukisan/kaligraphi, dengan harga yang juga berbeda-beda. Mulai dari harga termurah, sekira Rp 500 ribu. Permadani yang termahal di sana sekira Rp 60 juta, yaitu permadani Persia dengan ukuran 4x6 meter.

"Tiap pembeli, akan mendapat garansi selama satu tahun, beserta diskon mulai dari 20 sampai 50 persen sebagai promo lebaran. Dan untuk setiap pembelian karpet (permadani) masjid akan mendapatkan promo khusus," kata Muhammad Hafiz.

Galeri karpet Turki, Samad and Sons Carpets, di Aceh, yang didirikan pada 2017 itu, sejak pertama beroperasi sampai kini lebih kurang 15 masjid di seluruh Aceh pernah memesan karpet Turki pada Muhammad Hafiz (Samad and Sons Carpets Aceh). Selain karpet untuk masjid juga menyediakan berbagai karpet untuk keperluan rumah dan gedung.

Selain Produk asli Turki, di galeri karpet itu juga tersedia beberapa produk local seperti Paris dan Samara demikian menurut kata karyawan Somad pada portalsatu.com siang Minggu, 27 Mei 2018 . 

Ruangan yang bercat putih dan seperti ruang pamer karya seni (galeri) itu, berada tempat yang strategis, dengan sendirinya hadir sebagai satu ruang galeri permadani terbesar di Banda Aceh. Di sana terimpan gulungan-gulungan karya indah original yang dikirim langsung dari Turki.

Samad and Sons Carpets bertempat di Jl. Mr. Moh. Hasan, Simpang 4 Batoh, Banda Aceh, merupakan cabang dari Samad di Kota Medan. Di sana juga ada satu mesin obras untuk memperbaiki bila pada karpet yang rusak.[] 

Penulis/Foto: Jamaluddin

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.