26 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


6 Jenis Foto yang Jangan Pernah Dibagikan di Media Sosial

...

  • KUMPARAN.com
  • 13 August 2019 15:00 WIB

Kebanyakan orang suka mengabadikan momen di hidupnya dalam sebuah foto untuk dibagikan lagi kemudian. Hampir semua momen pernah dibagikan, mulai dari momen berharga sampai yang biasa saja.

Rata-rata, foto-foto itu berakhir sebagai unggahan di media sosial. Menjadi pengisi konten atau bahkan sebagai sarana mengode si gebetan.

Meski begitu, sebetulnya tak semua foto boleh kita bagikan di media sosial. Terutama yang berkaitan dengan privasi diri. Mengapa demikian? Tujuan utamanya agar privasi kita terjaga.

Apa saja foto yang tidak boleh dibagikan di media sosial? Berikut list dan penjelasannya!

1. Kartu identitas

Informasi yang ada di kartu identitas amatlah penting. Mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat rumah, bahkan nomor identitas diri. Data-data tersebut amat krusial dan berpotensi disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jangan mengunggah foto KTP-mu, kalau tidak mau identitas dirimu dicuri dan digunakan oleh orang lain untuk berbuat kejahatan.

2. Informasi finansial

Ada yang suka pamer uang di media sosialnya? Kalau iya, sebaiknya dihentikan. Sebab, itu bisa berpotensi menimbulkan kejahatan.

Kita tak akan tahu jika ada orang yang sedang mengincar kita untuk berbuat jahat? Bila kita mengunggah foto bersama uang atau informasi keuangan lainnya seperti slip gaji atau bahkan nomor rekening, itu bisa menjadi boomerang untuk kita ke depannya. Tindakan seperti peretasan atau bahkan pembegalan bisa saja terjadi, lho.

3. Tiket perjalanan

Saat musim liburan, umumnya banyak unggahan foto orang yang memamerkan tiket perjalanannya di media sosial. Sebaiknya jangan ikutan mengunggah foto boarding pass-mu, ya.

Data-data seperti nomor identitas, lokasi tujuan, dan transportasi yang kamu unggah bisa dicuri oleh hacker. Hii, seram kan, kalau identitasmu dicuri dan dipakai oleh orang lain untuk melakukan kejahatan?

4. Foto dan karya orang lain tanpa izin

Mungkin bagi sebagian orang, mengunggah foto orang lain tanpa izin adalah hal yang sepele. Tapi jangan salah, membagikan foto hasil karya orang lain merupakan pelanggaran hak cipta, lho.

Tapi kalau tetap mau mengunggah karya orang lain ke media sosialmu, pastikan kamu telah mengantongi izin dan mencantumkan kredit si pembuatnya.

5. Kerjaan yang belum disebarluaskan

Enggak sabar nge-share tulisan, puisi, desain, atau cerpenmu ke publik? Alih-alih langsung membagikan langsung ke media sosial, mending langsung unggah ke blog atau ke media yang kamu inginkan.

Mengunggah karya yang belum kamu sebar luaskan, walaupun hanya ide kasar bisa berpotensi dicuri dan diklaim oleh orang lain sebagai karyanya, lho.

6. Data rahasia perusahaan

Pastikan kamu enggak pernah teledor mengunggah data perusahaan, apalagi yang sifatnya rahasia, ya. Sebab, data rahasia perusahaan tidak boleh sembarang dibagikan karena bukanlah milikmu.

Data tersebut juga bisa berpotensi menguntungkan kompetitor kalau misalnya sampai bocor ke publik daripada kamu dan perusahaan merugi. Jadi, perhatikan baik-baik foto atau video tentang kerjaan yang bakal kamu bagikan di media sosial.

Daripada keenam data tersebut disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, ada baiknya kita mencegah dengan tidak mengunggah foto tersebut ke media sosial bukan?[]Sumber:kumparan

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.