12 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Agar Disukai Orang Lain

...

  • portalsatu.com
  • 10 July 2020 15:03 WIB

@picssr.com
@picssr.com

Oleh: Taufik Sentana*

Berinteraksi dengan orang lain sudah menjadi kelaziman. Baik dalam keluarga terdekat, tetangga, tempat kerja atau di lingkungan pergaulan lainnya.

Faktor disukai atau menyukai secara wajar menjadi hal yang bisa memicu kebahagiaan. Timbulnya rasa suka itu bagian dari rasa penerimaan orang lain terhadap diri kita. Walau tetap, kita tidak bisa memaksa orang lain untuk selalu menyukai kita atau sejalan dan sependapat dengan kita, tapi kita bisa memilih sikap tertentu yang lebih adil.

Ada beberapa hal pokok atau rincian yang perlu kita ingat saat berinteraksi dengan orang lain:

Pertama, tentulah sesuai dengan norma kearifan di daerah kita, seperti memehatikan pokok ajaran Islam yang dicontohkan Nabi. Dari sekadar tersenyum, memberi hadiah,  memberi bantuan, menjenguk saat sakit sampai menjaga ketentuan pergaulan antara laki dan perempuan.

Kedua, apa yang kita sukai terhadap perlakuan orang lain untuk kita, lakukan pula untuk orang. Artinya, kita menghargai dan mencintai orang lain selayaknya kita bersikap pada diri sendiri.

Ketiga, perhatikan ucapan dan janji kita. Atau perhatikan gestur tubuh kita saat mendengar orang di hadapan kita bicara.

Keempat, Bicaralah selalu tentang dirinya seperlu mungkin. Jangan bicara tentang diri kita terlalu banyak bila dia tidak memerlukan. Tanggapi setiap ucapannya secara tulus. Dengarkan baik baik dan ambillah pelajaran, atau beri solusi bila ia minta.

Kelima, memanfaatkan multi media untuk sekadar ucapan sapa dan saling kabar.

Keenam, sejajarkan diri kita dengan lawan bicara dan teman bergaul. Biarlah mereka menilai kedudukan kita sesuai perlakuan baik kita yang tulus. Terkadang, tidak semua kebaikan dibalas oleh orang yang sama, bisa jadi lewat orang lain di kesempatan lain.

Ketujuh, yang paling baik adalah saat kita dapat memberi manfaat dan orang lain merasakannya. Sehingga kehadiran kita selalu dia harapkan dan kita selalu diterima dengan sepenuh hati.

Kedelapan, kita bisa terus menambah sahabat dan meluaskan pergaulan kita. Sebab, pergaulan luas juga bisa menerbitkan rasa suka orang terhadap kita.

Kesembilan, perhatikan hal hal kecil. Seperti sapaan lazim kepada tetangga, teman sekantor, mengucapkan salam dan bersalaman. Atau memperhatikan kembali interaksi kita  dengan orang terdekat di dalam keluarga.

*Pegiat literasi sosial.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.