15 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ajari Anak Menyikapi Media Sosial

...

  • portalsatu.com
  • 10 July 2020 20:20 WIB

@Getty Images
@Getty Images

PEMBELAJARAN jarak jauh selama masa pandemi covid-19 menjadikan intensitas anak mengakses gawai mengalami peningkatan. Untuk itu, orangtua harus mendampingi dan mengawasi anak mengakses informasi di internet, termasuk mengajari anak menjaga keamanan diri di media sosial.

Ketua Dewan Pers 2016-2019, Yosep Adi Prasetyo, mengatakan orangtua dan anak harus bekerja sama menemukan kesejukan di tengah tsunami informasi di Indonesia saat ini.

"Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet dan media sosial tertinggi.Perlu dibangun kesadaran memilah informasi, di sinilah peran orangtua," jelas Yosep dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Yosep mengatakan orangtua perlu mengajari anak menggunakan gawai dan media sosial untuk hal yang bermanfaat dan yang tidak kalah penting ialah menjaga privasi di media sosial.

Hal senada juga disampaikan anggota OASE Kabinet Indonesia Maju, Gista P Wishnutama. Dia menuturkan kejahatan di internet, seperti cyberbullying, bisa terjadi kepada siapa saja tanpa mengenal umur atau profesi sehingga pendampingan orangtua mutlak diperlukan.

"Pahami jenis platform atau jenis aplikasi yang akan diakses, berpikir sebelum mengunggah sesuatu di media sosial, dan batasi penggunaan agar tidak kecanduan dan lupa waktu," jelas Gista.

Menurut Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny N Rosalin, pesatnya perkembangan informasi dan teknologi bagaikan pisau bermata dua, memudahan akses informasi, tapi juga menimbulkan dampak negatif, seperti hoaks, pornografi, cyberbullying dan kejahatan seksual daring.

"Orangtua bertanggung jawab membangun ketahanan diri pada anak agar mereka mampu memilah informasi yang layak bagi anak," jelas Lenny.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Konten Kreator, Yosi Mokalu, menambahkan bahwa sebaiknya orangtua melakukan pendekatan dengan lingkungan atau 'dunia' media sosial anak.

"Inilah yang menjadi kunci utama agar anak dapat mengakses informasi layak dengan tetap di bawah pengawasan dan pendampingan orangtua," jelas Yosi.[]

Sumber: https://mediaindonesia.com/read/detail/327173-ajari-anak-menyikapi-media-sosial

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.