23 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cara Menghadapi Anak yang Berbohong, Lakukanlah Hal Ini!

...

  • DREAM
  • 27 August 2019 23:00 WIB

Anak-anak bermain. @Getty Images
Anak-anak bermain. @Getty Images

Berbohong bisa dilakukan siapa pun, terutama anak-anak. Biasanya, mereka berbohong untuk menutupi sesuatu agar tak dimarahi.

Bisa juga karena anak belum mengetahui perbedaan antara kebohongan dan kejujuran. Dalam beberapa kondisi, kita sebagai orangtua pastinya akan sangat kesal mendapati anak yang berbohong.

Emosi memuncak, akhirnya yang keluar dari mulut adalah omelan yang justru membuat keadaan jadi penuh dengan emosi.

Menghadapi anak yang berbohong memang dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Untuk mempermudah Sahabat Dream, berhadapan dengan situasi tersebut, trik ini bisa dilakukan saat mendapat buah hati sedang berbohong.

Menjadi Contoh yang Baik Anak

Cara menghadapi anak berbohong yang pertama adalah menjadi ‘role model’ atau panutan yang baik bagi anak. Terapkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

Anak tentu akan mencontoh orangtuanya. Mulailah untuk menunjukan sikap kejujuran dari hal terkecil misalnya seperti menjawab pertanyaan-pertanyaan si kecil dengan kejujuran bukan suatu kebohongan.

Menjelaskan Mengenai Kebohongan dan Kejujuran

Cara menghadapi anak berbohong yang selanjutnya adalah dengan memberikan penjelasan mengenai kebohongan dan kejujuran. Berilah mereka penjelasan perbedaan yang mendasar mengenai kebohongan dan kejujuran.

Orangtua bisa sekaligus memberikan contoh dan konsekuensi yang akan diterima anak jika melakukan suatu kebohongan. Hal ini nantinya bisa mendorong si kecil untuk selalu jujur.

Memberikan Peringatan

Cara menghadapi anak berbohong lainnya adalah dengan memberikannya peringatan. Jika mendapati anak sedang berbohong, janganlah untuk langsung memarahinya apalagi sampai melakukan kekerasan.

Berilah mereka satu kali peringatan atau kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya. Orangtua juga harus menanyakan alasan penyebab si anak berbohong. Setelah mengetahui alasannya, lalu jelaskan tindakan yang dilakukannya tersebut merupakan suatu hal yang salah.

Memberikan Kosekuensi

Tidak sedikit anak yang tetap berbohong setelah mereka diberi satu peringatan. Cara menghadapi anak berbohong yang satu ini adalah dengan memberikannya konsekuensi dari apa yang mereka lakukan.

Berilah hukuman yang tidak terlalu berat untuk ditanggung oleh si kecil. Bisa dengan memberikan konsekuensi yang kecil namun bisa membuat si anak mengerti jika tindakannya adalah tindakan buruk. Di samping itu, berilah mereka penjelasan kembali, berbohong akan membuatnya tak punya teman dan tak bakal ada lagi yang percaya padanya.

Menghargai Kejujuran dan Pengakuan

Cara menghadapi anak berbohong yang paling efektif adalah dengan menghargai setiap kejujuran dan pengakuan yang dikatakan oleh si kecil. Untuk berkata jujur dan terbuka merupakan suatu hal yang sedikit sulit terutama jika mereka telah menginjak usia lebih matang.

Untuk itu, setiap mereka melakukan sebuah pengakuan atau kejujuran, janganlah untuk memarahinya, berilah sedikit penghargaan. Tujuannya agar anak mengerti jika kejujurannya sangat penting. 

Jangan Pernah Memanggilnya Pembohong

Selain menghargai setiap kejujuran si kecil, terdapat satu hal penting yang harus diingat dan terapkan. Jangan pernah sekali pun memanggil si kecil dengan julukan pembohong.

Tindakan tersebut merupakan ‘bullying’, dan akan berdampak pada anak.  Nantinya anak akan terus memandang dirinya sebagai pembohong. Bisa jadi mereka akan melakukan kebohongan lagi dan lagi dan menganggapnya hal biasa.[]<!--StartFragment-->Sumber:Boldsky.com/dream.co.id

<!--EndFragment-->

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.