26 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Grapeseed Oil? Ini 7 Manfaat Luar Biasanya untuk Kecantikan

...

  • MERDEKA
  • 26 July 2019 08:20 WIB

Ilustrasi minyak biji anggur. Foto Food NDTV
Ilustrasi minyak biji anggur. Foto Food NDTV

Pernah terpikir untuk mengganti kapsul vitamin wajah yang biasa kamu gunakan dengan minyak tumbuhan alami? Kalau begitu, kamu perlu mencoba grapeseed oil. Menurut Dr. Allan Izikson, ahli dermatologi dari New York Dermatology Group, Manhattan, minyak yang diekstrak dari biji anggur ini baik untuk kulit sensitif dan rawan alergi.

Minyak biji anggur atau grapeseed oil adalah produk sampingan yang dihasilkan dari proses pembuatan minuman anggur (wine). Setelah anggur segar diperas untuk mendapatkan cairannya, biji yang tersisa diekstrak minyaknya.

Apa saja khasiat minyak biji anggur untuk kecantikan? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Melembapkan tanpa Menyumbat Pori

Grapeseed oil ternyata mengandung pelembap alami yang mudah diserap oleh kulit. Penggunaan secara teratur akan menjadikan wajah lembap namun tidak berminyak.

Konsistensinya yang ringan membuat minyak biji anggur tidak mudah menyumbat pori-pori. Jadi tidak akan memicu timbulnya jerawat atau komedo.

Menjadikan Kulit Kencang dan Awet Muda

Minyak biji anggur juga kaya akan antioksidan. Vitamin C dan vitamin E di dalamnya sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Bila digunakan secara teratur, grapeseed oil bisa memperlambat munculnya gejala penuaan. Beberapa di antaranya adalah kulit kusam, keriput, dan flek di wajah.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Nutrisi di dalam minyak biji anggur bisa melindungi sekaligus memulihkan kondisi kulit yang mengalami kerusakan karena paparan sinar ultra violet. Gunakan grapeseed oil pada wajah sebelum dan sesudah beraktivitas di bawah paparan sinar matahari.

Memudarkan Kantung Mata

Siapa sangka, ternyata minyak biji anggur kaya akan vitamin C? Karena itulah minyak biji anggur atau grapeseed oil bisa digunakan untuk merawat area sekitar mata yang bermasalah dengan kantung mata. Jika digunakan secara teratur, kantung mata akan memudar perlahan-lahan.

 Mencegah Peradangan

Menurut penelitian yang dilakukan Linus Pauling Institute, asam lemak omega-6 dan omega-3 sangat penting untuk fungsi dan penampilan kulit. PUFA omega-6 utama yang terkandung di dalam minyak biji anggur adalah asam linolenat. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan di lapisan tengah dan luar kulit.

Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Minyak biji anggur dapat memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala Anda. Jika Anda memiliki ketombe yang sering disebabkan oleh kulit kepala kering, mengoleskan minyak biji anggur ke kulit kepala Anda dapat membantu melonggarkan kulit mati dan mengembalikan kelembapan.

Beberapa minyak alami termasuk minyak zaitun dan minyak kelapa baik untuk rambut Anda, tetapi mereka membuatnya terasa berminyak dan berat. Minyak biji anggur ringan dan tidak memiliki efek itu. Saat diaplikasikan pada rambut Anda, minyak biji anggur menambah kelembapan, kekuatan, dan kilau.

Mengatasi Kerontokan

Minyak biji anggur digunakan sebagai obat alami untuk kebotakan. Asam linolenat di dalamnya diduga bisa merangsang pertumbuhan rambut. Grapeseed oilmengandung flavonoid yang disebut oligomer procyanidin. Ini adalah antioksidan kuat yang terbukti dapat menginduksi pertumbuhan rambut.

Demikian khasiat grapeseed oil atau minyak biji anggur untuk kecantikan kulit dan rambut.

Penulis: Tantri Setyorini.[]Sumber: Boldsky, ABC News, InStyle, MedicalNewsToday/merdeka.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.