20 April 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tanaman Hijau Cegah Stres Saat Bekerja

...

  • REPUBLIKA
  • 10 January 2018 10:40 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA -- Gedung perkantoran bisa menjadi tempat sumber penyakit. Terutama akibat ventilasi yang buruk, kebersihan, hingga bahan kimia yang digunakan di perabot kantor.

Namun, ada salah satu cara sederhana untuk mengurangi risiko itu. Yakni, dengan mengadirkan tanaman hijau di dalam kantor. Selain membantu membersihkan udara dari bahan kimia beracun, tanaman juga dipercaya dapat meredakan stres.

"Salah satu cara terbaik untuk mengatasi hari sakit dan stres adalah dengan mengisi kantor Anda dengan tanaman," ujar peeliti Eddie van Etten dan Pierre Horwitz menulis untuk The Conversation, dikutip Independent, Selasa (9/1).

"Idealnya, Anda ingin tanaman yang memfilter ragam bakteri di kantor, dan bertahan dalam cahaya rendah dengan sedikit perawatan," ungkapnya.

Tanaman dapat membantu membersihkan udara dari zat kimia berbahaya dari produk perkantoran atau pembersih. Menurut Etten dan Horwitz itu salah satunya dibantu oleh bakteri baik yang terdapat pada tanaman.

"Bakteri yang menguntungkan pada tanaman dalam ruangan dan di tanah mereka merupakan tambahan penting bagi kantor, menstabilkan ekologi lingkungan sintetis yang dibangun," ucap mereka.

"Bakteri terkait tanaman juga dapat membantu menghindari wabah patogen dan menyeimbangkan jaringan ekosistem yang kompleks."

Temuan ini juga didukung oleh penelitian NASA sebelumnya yang menemukan bahwa memiliki beberapa jenis tanaman di rumah Anda bisa mencegah sakit.  Ruang hijau dan alam juga dapat membantu meningkatkan perasaan relaksasi dan ketenangan, yang dapat berkontribusi pada suasana hati Anda. | sumber : republika

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.