24 January 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tips: Sukses ala Ust Abd. Somad

...

  • portalsatu.com
  • 28 December 2018 22:52 WIB

Ustadz Abdul Somad di Lapangan PBI, Paloh, Lhokseumawe, Senin 24 Desember 2018, malam. @Jamaluddin/portalsatu.com
Ustadz Abdul Somad di Lapangan PBI, Paloh, Lhokseumawe, Senin 24 Desember 2018, malam. @Jamaluddin/portalsatu.com


Oleh Taufik sentana

Setiap zaman memiliki tokohnya sendiri, begitu kata pepatah. Masyarakat selalu membutuhkan tokoh yang dapat merepresentasikan diri mereka. Seorang tokoh yang hadir dari mereka dengan kemurnian niat untuk bersama dalam perbaikan diri dan kultural.

Tentu setiap tokoh membawa karakter pribadinya sendiri, sedang karakter tersebut tidak semata build in sejak lahir, sebagian dibentuk oleh waktu,interaksi dengan lingkungan dan pengalaman. 

Ust. Abd. Somad merupakan seorang diantara sekian tokoh yang mewakili zamannya. Ia telah menjadi kecenderungan baru masyarakat kita di tengah arus budaya pop dunia, dalam zaman yang membutuhkan energi perekat yang kompleks. Seorang tokoh yang tidak hanya berilmu, tapi juga berhikmah dan merasa selevel dengan "kaumnya".

Dari beberapa sesi tanya jawab dan kajian beliau yang penulis "ikuti" secara streaming dan sejenisnya, ada beberapa "Tips Sukses" yang menggambarkan capaian beliau hingga seperti sekarang ini.

Diantara tips sukses tersebut terangkum dalam nukilan berikut.

Pertama, Peran ayah dan Ibu. Ust. Abd. Somad, lebih menggaris bawahi peran ibu, sebab ibulah yang menjadi guru langsung si anak sejak dalam kandungan hingga, setidaknya, usia tujuh tahun. Dua tahun pertama interaksi emosional lewat menyusui, dua tahun kedua dengan berinteraksi secara fisik dengan bermain, dan selebihnya lewat nalar kognitif dengan mendekatkan anak kepada Alquran, hadis dan akhlak.

Kedua, dukungan dari orang terdekat selain ayah dan ibu.  Dalam hal ini adalah kakek beliau yang secara khusus "mewakafkan" diri ust Somad untuk agama dengan memberikan modal materil secukupnya untuk menuntut ilmu. Peran guru di awal masa remaja dan dewasa juga memberikan dampak bagi rasa percaya diri beliau, sebab ada beberapa sekolah yang sempat tidak menerimanya sebagai murid, karena sering pindah-pindah sekolah.

Ketiga, bakat diri. Ust somad menyadari bakat dirinya secara verbal, khususnya, sebab ia sering telat pulang  saat diminta ibunya belanja, karena ketika itu ia selalu ngumpul bersama teman dan bercerita. Di samping itu, dalam kesaksian kita, Ust Somad memang memiliki kecakapan sosial yang baik selain kemampuan akademiknya yang berkelas internasional.

Keempat, secara personal ia mengakui bahwa, ia sangat bergantung pada bimbingan Allah dalam usaha belajar dan dakwahnya. "Mintalah kepada Allah, Ialah Pembimbing terbaik", pesannya sekali waktu. Untuk itu pula ia selalu tak lepas dari berwudhu,  berzikir, bersalawat dan meminta didoakan oleh ulama lainnya. Kepada jamaah ia sering minta didoakan agar khusnul khatimah.

Kelima, Konsentrasi dan fokus. Walau tampak klise, tapi ini memang resep yang ia tawarkan di beberapa sesi dengan para mahasiswa khususnya. Ia berpesan agar anak muda hanya fokus pada belajar dan memperdalam keterampilan, perkara jodoh akan bisa disusul kemudian dan jangan sampai tergoda oleh pergaulan bebas.

Dalam hal ini, ust. Somad sendiri mengakui bahwa di tengah padatnya jadwal beliau, bila tanpa konsentrasi dan fokus yang tinggi tentu sulit baginya menghadapi jamaah. Menurut pengakuannya, ia sering menyiapkan bahan tablighnya sejam sebelum tampil, biasanya di kendaraan. Sedang waktu malamnya ia gunakan untuk mengulang, menulis (atau menjawab beberapa pesan) dan shalat malam.

Demikianlah sekelumit tips sukses ala Ust. Abd. Somad yang kiranya bermanfaat untuk kita resapi dan amalkan.


Taufik Sentana 
Pegiat Pendidikan Islam dan Konsultan SDM
Menetap di Aceh Barat.

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.