09 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Yuk Kenalan dengan Komunitas Peduli Pendidikan, Balee of Education (BoE)

...

  • ZULKIFLI ANWAR
  • 22 April 2016 17:45 WIB

beberapa relawan BoE @istimewa
beberapa relawan BoE @istimewa

LANGSA - Balee of Education (BoE) merupakan organisasi nirlaba yang dikelola sejumlah anak muda di Kota Langsa. BoE terbentuk sebagai peduli akan pendidikan dan lingkungan. Mengusung slogan, ‘Mulai di mana kamu berada, gunakan apa yang kamu punya, lakukan apa yang kamu bisa’, BoE bahkan menyentuh panti asuhan dan kawasan pesisir di Kota Langsa.

“BoE yang didirikan 27 April 2014 lalu ini merupakan sebuah organisasi nirlaba dan bisa dikatakan semi komunitas. Tak hanya terfokus pada dunia pendidikan dan lingkungan, BoE juga bergerak di bidang sosial dan skill,” kata Fathira Baina atau Tira, salah satu Volunteer BoE kepada portalsatu.com, Jumat, 22 April 2016.

Ia menyebutkan, BoE berusaha meningkatkan kepedulian pemuda akan lingkungan, serta menumbuhkembangkan potensi yang ada. Dalam bidang pendidikan, BoE lebih berfokus pada pengajaran Bahasa Inggris. Hal itu karena latar belakang volunteer (relawan) BoE rata-rata dari pendidikan Bahasa Inggris.

“BoE terbentuk ketika sejumlah pemuda melihat sebuah balai (balee) kosong yang tidak difungsikan. Atas dasar itu kami berpikir untuk memfungsikan balai tersebut dengan mengajak adik-adik belajar bersama, seperti les,” ujarnya.

Ditambahkan, BoE mempunyai tiga misi. Masing – masing, menciptakan pemuda cerdas dalam edukasi, mengasah dan mengembangkan skill yang dimiliki pemuda, serta menumbuhkan rasa kepedulian pemuda untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Terbentuk dengan belasan relawan awal, lanjut Tira, tahun 2015 lalu BoE membuka Open Recruitment Volunteer baru. Kala itu puluhan relawan mendaftar dari berbagai latar belakang.

“Namun banyak volunteer yang kuliah di luar kota, sehingga hanya menyisakan belasan volunteer aktif di tahun ini,” jelasnya.

Sepanjang tahun 2014 dan 2015, sejumlah kegiatan telah dilakukan BoE. Di antaranya, sahur on the road, mengajar ke panti asuhan dan kawasan pesisir (kegiatan mingguan), tea time & open recruitment volunteer (2015), meet up inspiratif, drawing day & beatbox battle (2015), BoE goes to Pusong (berkunjung ke sebuah pulau pusong satu hari untuk mengajar di sekolah bersama 50 relawan), kelas talent, halal bi halal volunteer BoE mengajar di SMP Negeri 8 Langsa, dan perayaan 17 agustus.

“Dana BoE berasal dari sumbangan pribadi volunteer dan orang sekitar. Sejauh ini belum ada donatur tetap. Pembina BoE kini menetap di Australia, Nazariah M.TESOL atau yang akrab disapa Miss Neza,” katanya.[] (ihn)

Editor: IHAN NURDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.