20 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Zahriana, Model Cantik yang Bangga Berdialog Bahasa Aceh

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 31 July 2018 10:50 WIB

Zahriana. @dok. pribadi
Zahriana. @dok. pribadi

Mieseu hana le angen dalam glee,

Si aneuk pade duroeh han le na,

Mieseu hana le abang boh hate,

Hana jadeh le abang ba peuha”.

Penggalan pantun berbahasa Aceh itu bagian dari dialog dalam videoklip yang diperankan Zahriana, 21 tahun, asal Gampong Lhok Dalam, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur. Dalam video  Rayuan Pantun, ia berkolaborasi dengan Ismail alias Teuku Mail, salah satu YouTuber komedian Aceh.

Gadis cantik yang memiliki sejumlah prestasi di bidang modelling itu, kini tercatat sebagai mahasiswi Jurusan Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.

Riana, demikian ia kerap disapa, juga memiliki sejumlah hobi lainnya. Selain modelling, Riana mengikuti kursus make-up, kursus kostum atau menjahit, dan juga mengaji. Saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), ia pernah meraih juara II MTQ.

“Saya melihat perkembangan modelling di Aceh saat ini cukup baik dan kian digemari remaja, khususnya perempuan. Selain membuat kita dikenal publik, dalam dunia modelling kita juga bisa mengasah keberanian dan rasa percaya diri, serta menambah wawasan. Menjadi seorang model, kita juga bisa menjadikan itu lahan bisnis, misalnya menerima endorse, menjadi bintang iklan reklame dan lainnya. Makanya, sekarang banyak gadis yang ingin terjun ke dunia modelling,” ujar Riana saat dihubungi portalsatu.com, Selasa, 31 Juli 2018.

Riana menyebutkan, di Aceh, karya anak bangsa mulai diperhitungkan dan digemari, khususnya di dunia hiburan. “Lihat saja perkembangan saat ini, karya-karya dalam bahasa Aceh semakin diterima masyarakat, khususnya di Aceh. Bahkan, bagi sebagian masyarakat, rasanya tidak terpuaskan jika dialog atau lirik tidak diucapkan dalam bahasa Aceh. Bagi saya sendiri, sangat membanggakan berdialog dalam bahasa Aceh. Itu warisan indatu yang memang harus dilestarikan,” ucap Riana.

Dalam dunia modelling, Riana pernah meraih sejumlah prestasi. Di antaranya, Juara I  Hijab Muslim Aceh, Juara II Hijab Casual Muslim, Juara II Fashion Week Glamour, Best Catwalk Fashion Week, Juara II Hijab Honda Fino, Ambassador Tri Carnival Aceh dan Best Favorit Juri Casual Muslim Fashion Week. Dalam pemilihan Putri Muslimah 2016, Riana masuk finalis dari Aceh.

“Sejauh ini saya terus mencoba melakukan dan memberikan yang terbaik untuk diri sendiri, keluarga dan juga orang lain. Alhamdulillah, keluarga selalu mendukung apa yang saya lakukan, selama itu dalam sisi positif,” ujar Riana.[]

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.