05 December 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ingin Jantung Anda Sehat? Hindari Beberapa Makanan Ini

...

  • portalsatu.com
  • 14 July 2020 12:05 WIB

Garam di Kajhu, Aceh Besar. @Fakhrurrazi/portalsatu.com
Garam di Kajhu, Aceh Besar. @Fakhrurrazi/portalsatu.com

antung merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital, karena memiliki fungsi memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Selama ini jantung selalu dikaitkan dengan tekanan darah, dalam keadaan tubuh normal, tekanan darah masuk dalam kategori sehat. Namun, banyak faktor, termasuk dari makanan yang kita konsumsi dapat memengaruhi tekanan darah.

Kondisi dengan tekanan darah tinggi selama ini dikaitkan dengan orang tua, karena stres dan pola makan yang buruk sehingga di usia muda pun tidak jarang menderita hipertensi. Berikut, beberapa asupan yang harus dihindari atau batasi jika Anda menderita masalah hipertensi seperti dilansir Times Now News.

1. Garam

Menurut sebuah penelitian, makan garam berlebihan dapat meningkatkan jumlah natrium dalam aliran darah, sehingga mengurangi kemampuan ginjal Anda untuk mengeluarkan air dan berdampak pada tekanan darah yang lebih tinggi.

2. Makanan Olahan dan Daging

Makanan olahan, termasuk daging, mengandung banyak natrium yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Sangat penting untuk mengurangi mengonsumsi makanan olahan dan junk food.

3. Makanan Kaleng

Makanan kaleng memang memiliki rasa yang enak dan mudah dikonsumsi, tapi makanan kaleng bisa sangat tinggi garam, yang digunakan untuk membantu menjaga makanannya lebih lama.

4. Gula

Menurut American Heart Association, pria dan wanita harus membatasi asupan gula setiap harinya dan dianjurkan untuk pria 9 sendok teh, sedangkan dan wanita 6 sendok teh agar jantung tetap sehat.

5. Alkohol

Alkohol diketahui dapat langsung memengaruhi hati dan berperan juga dalam meningkatkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa pesta minuman keras berdampak pada kesehatan jantung yang buruk.[]sumber:sindonews.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.