31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


5 Gejala Sepele Ini Jadi Bukti Anda Punya Gangguan Tidur

...

  • LIPUTAN6
  • 10 January 2020 12:00 WIB

Tidur, ilustrasi. @Dok Majalah Bobo
Tidur, ilustrasi. @Dok Majalah Bobo

Tidur menjadi salah satu hal yang biasa kita lakukan setiap hari. Pada dasarnya tidur sangat bermanfaat bagi tubuh. Saat melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh akan lelah sehingga harus membutuhkan waktu istirahat yang memadai

Namun, tanpa kita sadari ada hal-hal yang bisa jadi pertanda kita mengalami gangguan tidur, lho. Ini sering terjadi sebelum atau sesudah tidur itu sendiri. Apa saja tanda-tandanya?

1. Mendengkur

Mendengkur adalah kebiasaan yang dialami sebagian orang, ketika mereka tertidur. Selain mengganggu, mendengkur bisa menjadi pertanda Anda memiliki kelainan serius lho, terutama jika mendengkur terjadi secara teratur dan keras. Beberapa penelitian mengaitkannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan depresi.

2. Merasa lelah saat bangun tidur

Kelelahan saat bangun sering kali dialami oleh kebanyakan orang. Tentu saja, jika ini terjadi terus-menerus bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Kelelahan saat bangun bisa terjadi karena Anda kurang (begadang) atau berlebihan saat tidur.

Selain itu Anda juga bisa stres tentang sesuatu sehingga memengaruhi tidur Anda. Penyebab lain adalah menderita anemia. Anemia menyebabkan kekurangan pasokan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh,  sehingga membuat Anda lebih mudah lelah.

3. Mengantuk sepanjang hari

Kebanyakan orang juga mengalami ini. Rasa kantuk berlebihan sepanjang hari. Jika Anda tidur 7-8 jam sehari tetapi masih mengantuk, Anda mungkin mengalami gangguan seperti sleep apnea, sindrom kaki gelisah atau narkolepsi.

4. Konsentrasi berkurang

Konsentrasi yang buruk dapat disebabkan oleh poin 1-3 yang dijelaskan di atas. Saat Anda kurang tidur, Anda akan bangun merasa lelah di pagi hari. Ini dapat menyebabkan penurunan konsentrasi saat melakukan aktivitas sehari-hari. Jika masalah tidur Anda tidak ditangani dengan benar, waspadalah terhadap penyakit lain yang dapat mengancam Anda, seperti Alzheimer.

5. Insomnia

Insomnia dapat disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi karena kopi, makan banyak sebelum tidur, stres, kekurangan obat dan melantonin atau hormon yang menyebabkan kantuk. Masalah ini dialami oleh kebanyakan orang. Dan itu akan sangat mengganggu jika ini tidak ditangani dengan benar.

Kami menyarankan jika Anda mengalaminya terus menerus, berkonsultasilah dengan dokter dan minta perawatan. Untuk tips lainnya, cobalah mandi air hangat sebelum tidur.[]Sumber:viva

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.