21 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


5 Jenis Makanan Pemicu Kentut Menurut Ahli Gastroenterologi

...

  • portalsatu.com
  • 24 July 2020 21:30 WIB

@Brightside.me
@Brightside.me

Beberapa jenis makanan bisa mengakibatkan perut Anda tak terkendali atau jadi pemicu kentut. Para ahli gastroenterologi menyebut, biang keladi penyebab kentut itu biasanya jenis makanan berbahan pokok kacang-kacangan atau sayuran persilangan.

Melepaskan gas adalah cara tubuh memberi tahu bahwa apapun yang baru saja Anda makan tak ditangani dengan baik oleh usus dan akan segera dilepaskan dalam bentuk, kentut.

"Kebanyakan orang mengeluarkan gas rata-rata 13-21 kali per hari," ungkap Ilyse Schapiro dikutip dari Mens Journal mengutip sebuah studi dari Selandia Baru.


Lihat juga: Fakta-Fakta Menarik tentang Kentut

Sebaliknya, menahan kentut bisa membahayakan dan menyakitkan.

Makanan yang bisa jadi pemicu kentut adalah jenis makanan tertentu yang menciptakan tekanan ke usus. Tapi jangan khawatir jika makanan favorit Anda masuk dalam daftar makanan pemicu kentut. Sebab, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda.

Jika Anda termasuk orang yang sering kentut, intensitasnya bisa dikurangi dengan tetap berolahraga teratur, makan lebih lambat, dan hindari makanan pemicu kentut.
Berikut daftar makanan pemicu kentut menurut ahli gastroenterologi.

Lihat juga: Kenapa Kentut Baik Untukmu?
Kacang-kacangan

Ahli gastroenterologi, dokter Niket Sonpal menjelaskan, kacang mengandung banyak serat tetapi juga memiliki gula yang disebut dengan alpha oligosaccharides.

"Mereka diambil oleh bakteri dari usus besar dan gas Anda adalah produk sampingan dari proses tersebut," terang dokter Sonpal dikutip dari laman Well and Good.

Seiring waktu, saluran pencernaan mereka yang mengonsumsi banyak kacang-kacangan akan terbiasa memproses pelbagai jenis kacang--seperti buncis atau kacang-kacangan lain. Tetapi biasanya mereka akan sering mengalami masalah pencernaan.

"Jika Anda adalah seseorang yang tidak terbiasa dengan legum, tapi kemudian Anda memakannya, Anda akan lebih sering mengalami kembung, kembung dan kembung," kata dia.

Minuman Berkarbonasi

Semua karbonasi dan gas dalam air akan mengakibatkan perut kembung. Karena itu ketika Anda lebih memilih atau menyukai air dengan gelembung-gelembung tersebut maka siap-siap masalah kentut akan menghantui.

Sonpal menyarankan Anda untuk coba mengurangi konsumsi minuman berkarbonasi.
Permen bebas gula dan pemanis buatan

Saat mengunyah permen karet bebas gula maka Anda seperti menelan udara. Ketika udara itu masuk tubuh, turun, maka ia bisa keluar--bisa dari atas atau yang lebih umum keluar dari bawah lewat kentut.

Masih seputar bebas gula. Pengganti gula yang ditemukan pada makanan rendah kalori juga bisa memicu kentut. Pemanis buatan seperti Zorbitol dalam es krim, soda diet atau permen bebas gula tidak dapat dicerna oleh tubuh Anda.

"Zorbitol benar-benar difermentasi dalam usus Anda dan mengakibatkan diare juga keluaran gas (kentut) yang sangat eksplosif," jelas dokter.

Sayuran tertentu

Beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kembang kol, kol, dang kangkung termasuk dalam makanan pemicu kentut. Seluruh sayuran ini mengandung polisakarida--karbohidrat yang mengakibatkan kembung.

"Apa yang saya katakan pada pasien yang sangat menyukai brokoli dan kembang kol adalah, untuk mencoba beralih ke sayuran lain seperti bayam dan selada agar tetap bisa menambah serat,
jelas dokter Sonpal.
Susu

Toleransi masing-masing individu terhadap laktosa sedikit berbeda. Jadi, mencoba bereksplorasi dengan makanan berbahan dasar susu akan membantu Anda memutuskan seberapa banyak mengonsumsi keju, susu dan es krim di kulkas.[]sumber:cnnindonesia.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.