11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


5 Manfaat Penting Sarapan bagi Kesehatan

...

  • portalsatu.com
  • 28 June 2020 20:30 WIB

@SHUTTERSTOCK
@SHUTTERSTOCK

Eat breakfast like a king, lunch like a prince, and dinner like a pauper. [Sarapanlah bak raja, makan siang layaknya pangeran, dan makan malam seperti orang miskin].

Pepatah terkenal ini menggambarkan pentingnya sarapan ketimbang makan di waktu lainnya.

Dengan sarapan, tubuh punya bekal energi yang cukup dan menjadi lebih siap untuk melakukan aktivitas apa pun sepanjang hari. Namun seringkali orang melewatkan sarapan karena merasa belum lapar, tidak napsu makan, atau tidak sempat.

Padahal banyak penelitian yang mengaitkan sarapan dengan manfaat baik bagi kesehatan. Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber.

1. Menyehatkan jantung

Mengutip Consumer Reports, orang yang selalu melewatkan sarapan akan lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung. Selain itu, orang yang tak sarapan cenderung naik berat badannya, sehingga dapat menyebabkan diabetes, kolesterol, hipertensi--yang semuanya meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2
Sarapan dapat mencegah lonjakan atau fluktuasi kadar glukosa penyebab diabetes. Sebuah penelitian terhadap 30.000 pria menemukan bahwa tidak sarapan meningkatkan risiko diabetes sebesar 21 persen.

Terlebih jika Anda memiliki kebiasaan hanya dengan minum secangkir kopi di pagi hari akan cenderung mengalami kenaikan glukosa.

3. Membuat tubuh aktif bergerakDalam penelitian American Journal of Clinical Nutrition (AJCN), orang yang makan sarapan akan lebih aktif daripada yang tidak. Ini karena terjadi peningkatan gula darah yang memberi mereka lebih banyak energi.

4. Meningkatkan fungsi otak

Penelitian yang melibatkan orang dewasa dan anak-anak menunjukkan bahwa sarapan dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, kecepatan pemrosesan informasi, penalaran, kreativitas, dan kemampuan verbal.

Para ilmuwan di Universitas Milan di Italia menemukan manfaat itu mungkin merupakan dampak dari stabilnya kadar glukosa yang didapat dari sarapan.

5. Terhindar dari obesitas
Satu studi dalam jurnal Obesity menemukan bahwa orang gemuk yang melakukan diet dan sarapan cenderung cepat menurunkan berat badannya. Kuncinya adalah mengonsumsi banyak makan pagi ketimbang makan malam.

Itulah 5 manfaat sarapan. Jika Anda melewatkannya, tidak hanya perut yang kosong, tapi otak juga. Semakin lama menunda makan, Anda akan semakin lapar dan cenderung akan makan lebih banyak.

Agar Anda tidak melewatkan sarapan, GrabFood berikan promo Breakfast Package Gratis Ongkir. Semua biaya ongkir akan mendapat diskon Rp5 ribu untuk 7 kali pesan makan lewat GrabFood.

Bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek, bisa coba promo menarik yang berlaku mulai pukul 06.00-10.00 WIB ini. Promo terbatas hanya berlaku 17-30 Juni 2020 saja.[]sumber:cnnindonesia

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.