02 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


5 Manfaat Sarang Walet yang Nggak Disangka-Sangka Buat Kesehatan

...

  • MERDEKA
  • 27 February 2020 22:30 WIB

Sarang walet. @Shutterstock
Sarang walet. @Shutterstock

Banyak yang tahu jika sarang walet mahal. Bahkan, sudah menjadi salah satu komoditas menggiurkan, karena nilai jualnya yang terus naik dari waktu ke waktu. Sampai-sampai tak sedikit orang yang beralih profesi sebagai pengusaha sarang walet. Terlebih sarang walet kini bisa diproduksi dengan menyediakan bangunan kosong, tanpa harus susah-susah mencarinya di gua-gua.

Meski mulai banyak dibudidayakan di Indonesia, nyatanya sarang walet yang dihasilkan dari air liur burung walet ini lebih banyak dijadikan komoditas ekspor. Belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui manfaat sarang walet ini sendiri. Padahal, sarang walet memiliki banyak khasiat bagi kesehatan yang tak disangka-sangka. Bisa tebak apa saja?

1. Sarang Walet Sebagai Sumber Asam Amino Penting

Sarang walet kaya banyak zat gizi, termasuk salah satunya sebagai sumber beberapa asam amino penting. Ada asam aspartat dan prolin yang bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel. Ada lagi sistein dan fenilalanin, yang dapat membantu meningkatkan kerja memori. Lalu, ada tirosin yang bermanfaat untuk pemulihan pasca sakit, serta ada glukosamin yang membantu pemulihan tulang rawan. Beberapa asam amino penting tersebut tak bisa diproduksi secara mandiri dalam tubuh, sehingga perlu diperoleh dari sumber makanan. Dan, sarang walet mengandung banyak asam amino penting itu.

2. Sarang Walet Mencegah Resistensi Insulin

Resistensi insulin menjadi salah satu faktor risiko terbesar dari penyakit diabetes. Nah, kandungan zat gizi dalam sarang walet dapat membantu dalam mengurangi produksi insulin berlebihan. Selain itu, sarang walet juga dapat membantu menjaga kerja metabolisme tubuh dalam memecah lemak lebih efektif, sehingga bisa mencegah resistensi insulin.

3. Sarang Walet Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sarang walet memiliki efek serupa obat penurun kolesterol, seperti simvastatin, tetapi tak sampai mengganggu kerja metabolisme dalam tubuh. Dengan manfaat tersebut, sarang walet dapat membantu menurunkan risiko pengentalan darah atau hiperkoagulasi, sebagai akibat kolesterol tinggi. Sebab, hiperkoagulasi inilah yang menjadi penyebab umum terjadinya penyakit jantung atau kardiovaskular.

4. Sarang Walet Sebagai Sumber Mineral Terbaik

Sarang walet juga mengandung banyak mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti mangan, tembaga, seng dan kalsium. Mangan punya peran penting untuk membantu pertumbuhan tulang. Sementara tembaga membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Sedangkan kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan persendian, serta seng yang dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam usus.

5. Sarang Walet Sebagai Sumber Antioksidan

Selain beragam zat gizi, sarang walet juga mengandung banyak zat antioksidan. Senyawa aktif ini bermanfaat melawan efek radikal bebas. Jika diabaikan, keberadaan radikal bebas dalam tubuh berisiko menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Kabar baiknya, kini manfaat sarang walet tersebut dapat dirasakan langsung lewat program sehat Realfood. Program sehat tersebut menghadirkan minuman sehat yang terbuat dari sarang burung walet. Selain itu, program sehat Realfood tak menggunakan bahan pengawet, pemanis buatan, maupun pewarna.

Dan tentunya, program sehat Realfood telah disupervisi oleh ahli gizi berpengalaman. Untuk mendapatkan hasil terbaik, program sehat ini harus dikonsumsi secara rutin saat perut kosong. Tujuannya, agar penyerapan zat-zat aktif dari program Realfood dapat maksimal. Kamu bisa meminumnya 1 jam sebelum sarapan atau 3 jam setelah makan malam.

Selain itu, program Realfood dapat bertahan selama 12 bulan dalam suhu ruangan, sebelum dibuka. Hal ini karena proses produksinya steril dan menggunakan system vacuum cap sesuai standar ISO 22000, sehingga tetap aman walau tanpa pengawet. Dengan bahan baku sarang walet, Realfood diformulasikan secara khusus dalam program 12 hari dan telah tersertifikasi halal. Sebagai awal perjalanan hidup sehat, kamu bisa mulai mencoba program sehat Realfood, seperti Program Stay Fit, Forever Young, Forever Young+, Wonder Mom, Royal Wellness dan Pure Wellness. Tunggu apalagi, cek manfaat sarang walet di sini.[]Sumber:merdeka.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.