02 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


5 Perilaku Sehari-Hari yang Secara Mengejutkan Bisa Berdampak Positif pada Jantung

...

  • MERDEKA
  • 08 February 2020 14:00 WIB

Ilustrasi Tai Chi. @BridgeClimb Sydney/Handout via REUTERS
Ilustrasi Tai Chi. @BridgeClimb Sydney/Handout via REUTERS

Menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu resep jika kamu ingin hidup sehat dan panjang umur. Untuk mendapatkan hal ini, kamu perlu makan secara tepat, berolahraga secara rutin, tidak merokok, serta memiliki gaya hidup yang tepat.

Gaya hidup tepat yang kamu miliki bisa menjadi cara mudah untuk mencegah munculnya risiko penyakit jantung. Secara mengejutkannya, sejumlah hal bisa jadi cara mempersehat jantung tanpa kamu sadari.

Dilansir dari Live Strong, John P. Higgins, MD, profesor pengobatan kardiovaskular di The McGovern Medical School at The University of Texas Health Science Center at Houston (UTHealth) mengungkap cara menyehatkan jantung. Lima hal sehari-hari ini bisa tanpa disadari mengoptimalkan fungsi jantung.

Jaga Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan gigi bisa jadi cara yang tanpa kamu sadari berdampak positif pada jantung. Penelitian terbaru mengungkap bahwa menggosok gigi dua kali sehari selama setidaknya dua menit bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Kondisi kebersihan gigi yang buruk bisa menyebabkan masuknya bakteri ke aliran darah. Hal ini bisa berujung pada infeksi dan peradangan sistemik yang biasanya menjadi penyebab penyakit jantung.

Tidur Cukup

Kurang tidur bisa menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan jantung. Hal ini bisa menyebabkan obesitas serta meningkatnya kolesterol dan hipertensi yang memicu penyakit jantung.

Tidur dalam jumlah tepat dan sesuai ritme sirkadian tubuh bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Memiliki jadwal tidur yang tepat dan teratur juga bisa jadi cara agar kamu tidur lebih nyenyak dan dalam jumlah cukup.

Memiliki Hewan Peliharaan


Memiliki hewan peliharaan tanpa disadari bisa jadi cara untuk meningkatkan kesehatan jantung. Memelihara hewan bisa membuat seseorang menjadi lebih gembira, tidak merokok, serta tidak memiliki diabetes.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa memiliki hewan peliharaan bisa menangkal serangan jantung serta menurunkan tekanan darah. Pasalnya, ketika memiliki hewan peliharaan terutama anjing, seseorang bakal lebih sering berjalan bersama dengan peliharaan mereka sehingga jadi aktif secara fisik.

Menghindari Polusi Udara

Udara tinggi polusi bisa jadi penyebab kamu mengalami masalah jantung. Hal ini menyebabkan peradangan di pembuluh darah, memperkeras arteri, serta berujung detak jantung tak teratur yang semuanya berujung serangan jantung dan stroke.

Menghindarkan diri dari polusi udara yang terjadi bisa jadi cara untuk menghindari masalah jantung serta menjaga kebugarannya. Menggunakan pembersih udara di dalam rumah juga bisa jadi cara mencegah masalah ini.

Banyak Tertawa
Tertawa dan perasaan gembira bisa jadi obat terbaik untuk mengatasi masalah dan menjaga kesehatan jantung. Tertawa bisa meningkatkan fungsi vaskular serta menurunkan tekanan darah.

Banyak tertawa juga bisa berarti bahwa kamu mampu mengelola stres dengan baik. Kurnagnya stres ini berati kurangnya masalah tekanan darah dan kolesterol yang meningkatkan risiko serangan jantung.

Tanpa disadari, sejumlah hal tersebut bisa menjadi menurunkan risiko masalah jantung serta meningkatkan kesehatannya. Hal ini juga berarti bahwa kamu bisa memiliki usia yang lebih panjang.[]Sumber:merdeka.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.