29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


6 Jenis Makanan yang Bisa Menyebabkan Kerusakan Rambut dan Kuku

...

  • portalsatu.com
  • 15 October 2020 22:30 WIB

Kesehatan rambut dan kuku mungkin tidak menjadi hal yang utama bagi semua orang. Hal ini kerap terlupakan dan tidak menjadi perhatian utama.

Kondisi rambut dan kuku yang tidak sehat sempurna ini bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Salah satunya adalah karena asupan nutrisi yang tidak tepat di dalam tubuh.

Pola makan tak tepat serta kurangnya nutrisi tertentu bisa menyebabkan kuku menjadi kusam dan pecah. Padaa rambut, masalah ini bisa menyebabkan masalah berupa rambut yang mudah patah dan rontok. Baik kuku dan rambut dibentuk oleh protein sama bernama keratin.

Sejumlah nutrisi penting seperti protein, biotin, dan vitamin A sangat penting untuk sintesa keratin. Pola makan yang tak tepat bisa menyebabkan terjadinya masalah pada kuku dan rambut ini.

Penting untuk menghindari sejumlah makanan agat tidak muncul masalah pada kulit dan rambut. Dilansir dari The Health Site, berikut pola makan yang penting diketahui demi kesehatan kuku dan rambut.

Merkuri dan Makanan Manis

Konsumsi Terlalu Banyak Ikan

Sejumlah jenis ikan seperti makerel atau tua mungkin memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Konsumsi ikan dengan kandungan merkuri terlalu tinggi ini mungkin bisa menyebabkan rambut rontok.

Makanan Manis

Makanan tinggi gula bermanfaat bagi kulit, rambut, dan kuku. Makanan jenis ini juga menyebabkan gula darah meningkat pesat.

Ketika gula darah tinggi, pankreas akan memprooduksi lebih banyak insulin. Hal ini juga meningatkan androgen, hormon pria yang bisa menyebabkan folikel rambut menyusut baik pada pria maupun wanita.

6 Jenis Makanan yang Bisa Menyebabkan Kerusakan Rambut dan Kuku

Kandungan Tertentu Makanan

Makanan Tinggi Glikemik

Sejumlah makanan bisa cepat dicerna dan diserap sehingga gula darah meningkat cepat. Makanan tinggi glikeik kerap tinggi dengan karbohidrat olahan dan gula. Makanan ini juga bisa menyebabkan meningkatnya adrogen pada diri seseorang.

Makanan Tinggi Vitamin A

Vitamin A sangat diperlukan untuk memproduksi sebum atau minyak di kulit kepala. Hal ini bisa membuat rambut lembap dan memperbaiki sirkulasi darah untuk memperkuat folikel rambut bagi pertumbuhannya. Walau begitu, ketika kadar vitamin A terlalu tinggi, kerontokan pada rambut bisa terjadi.

Kurang Nutrisi Tertentu

Kurang Protein

Kurangnya protein pada makanan bisa menyebabkan rambut rontok dan kuku menjadi rapuh. Kandungan protein yang tinggi pada makanan bisa sangat bermanfaat bagi rambut dan kuku.

Kurang Zinc dan Zat Besi

Adanya lengkungan putih di kuku bukan berarti kalsium yang tersimpan, namun kurangnya zinc di dalam tubuh. Keberadaan zinc dan zat besi sangat penting bagi terbentuknya keratin.

Kurangnya kedua nutrisi ini bisa menyebabkan masalah bagi rambut dan kuku. Konsumsi daging merah, makanan laut, serta kacang merah bisa membantu untuk mengatasi masalah ini.[]sumber:merdeka.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.