26 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


6 Makanan Kaya Serat yang Sangat Cocok bagi Penderita Diabetes

...

  • MERDEKA
  • 11 February 2020 13:00 WIB

Ilustrasi sayur. @Shutterstock/Dasha Petrenko
Ilustrasi sayur. @Shutterstock/Dasha Petrenko

Makanan berserat merupakan salah satu nutrisi yang penting kita peroleh pada konsumsi sehari-hari. Makanan ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan dan memudahkan dalam buang air besar.

Makanan tinggi serat ini juga bisa bermanfaat dalam menjaga kolesterol serta tingkat gula darah. Hal ini bisa bermanfaat dalam mencegah sejumlah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, serta kanker perut.

Makanan kaya serat ini juga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini juga bisa bermanfaat pada seseorang yang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Nutrisi yang berasal dari makanan ini sangat dibutuhkan oleh semua orang namun bakal sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Menambahkan makanan kaya serat bisa membantu mengelola diabetes dan membatasi komplikasi yang terjadi. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan kaya serat yang cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Lentil

Lentil cukup kaya dengan kandungan serat dan protein. Sekitar 40 persen kandungan karbohidrat pada lentil adalah serat sehingga bisa membantu menurunkan tingkat gula darah dan cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Flaxseed
Flaxseed atau biji rami memiliki kandungan serat tak larut yang dikenal sebagai lignan. Mengonsumsi makanan ini bisa membantu untuk menurunkan risiko komplikasi jantung serta risiko stroke yang berhubungan dengan diabetes. Hal ini juga bisa mengatur tingkat gula darah pada tubuh, meningkatkan kesehatan perut, serta sensitivitas insulin.

Biji-Bijian

Biji-bijian baik berupa tepung gandum, pasta, beras merah, serta oats merupakan sumber yang sangat kaya serat. Mengonsumsi makanan ini secara rutin bisa membantu mencegah bertambahnya berat badan, salah satu faktor risiko dari diabetes.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber yang sangat baik dengan kandungan serat dan lemak omega-3. Kandungan lemak pada buah ini diketahui bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Ikan

Peneliti mengungkapkan bahwa konsumsi ikan seminggu sekali bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 persen. Asam lemak pada ikan mampu menurunkan peradangan di tubuh serta resistensi insulin serta diabetes. Konsumsi alpukat ini mampu untuk mempelambat berkembangnya diabetes.

Kacang

Kacang mengandung lemaik baik yang mampu melawan penyakit jantung. Lemak ini juga dapat menurunkan resistensi insulin dan membuat gula darah lebih mudah dikontrol. Kacang juga kaya dengan serat dan magnesium yang bisa membantu mengatur gula darah.

Beragam makanan tersebut sangat cocok dan tepat ketika dikonsumsi oleh seseorang penderita diabetes. Hal tersebut bisa membantu meningkatkan kesehatan mereka dan menurunkan risiko penyakitnya.[]Sumber:merdeka.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.