12 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


6 Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan, Cegah Kanker hingga Tingkatkan Imunitas

...

  • LIPUTAN6
  • 11 July 2020 15:27 WIB

Mengkudu. @Pixabay
Mengkudu. @Pixabay

Mengkudu dikenal dengan buah yang memiliki aroma khas yang kuat. Mengkudu mengandung xeronin, vitamin, dan mineral penting yang mampu memperbaiki fungsi tubuh. Selain itu, mengkudu juga kaya antioksidan.

Untuk itu, mengkudu telah digunakan sejak lama untuk pengobatan karena memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kekuatan penyembuhan alami mengkudu bisa membantu meningkatkan imunitasmu dan melindungimu dari penyakit.

Nah, penasaran manfaat lain dari mengkonsumsi jus mengkudu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Sabtu (4/7/2020).

1. Mencegah Kanker

ilustrasi dokter/Photo by rawpixel.com from Pexels

Jus mengkudu memiliki sifat antikanker yang bisa membantu mencegah timbulnya kanker. 

Berbagai penelitian menunjukkan jus menggudu bermanfaat dalam membatasi timbulnya kanker hati, kanker paru-paru dan kanker ginjal.

2. Mengelola Kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedoteran Universitas lllionis di Rockford, ditegaskan bahwa minum jus mengkudu bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol LDL (buruk), kadar kolesterol total dan kadar homocysteine.

Itu juga bermanfaat dalam meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam tubuh.

3. Meningkatkan Imunitas

Salah satu manfaat kesehatan utama yang dimiliki mengkudu yakni membantu meningkatkan kekebalan tubuhmu.

Penelitian telah menunjukkan efek positif mengkudu dalam melawan infeksi dan penyakit lain karena adanya polisakarida, yang membantu merangsang aktivitas sel darah putih dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan yang berfungsi di dalam tubuhmu.

4. Mengendalikan Diabetes

Minum jus mengkudu telah terbukti bermanfaat dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Karena, mengkudu membantu menurunkan kadar haemoglobin glikosilasi, trigliserida serum dan kolesterol lipoprotein desitas rendah dalam tubuhmu. 

Selain itu, jus juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan penyerapan glukosa.

5. Mencegah Asam Urat

Efek terapi mengkudu bisa membantu meringankan gejala asam urat. Ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk tujuan pengobatan, dan ini bisa dikaitkan dengan aksi penghambatannya pada enzim xanthine oksidase yang menyebabkan asam urat.

6. Melindungi Jantung

Studi menunjukkan bahwa sifat melebar yang dimiliki mengkudu membantu meningkatkan kesehatan jantungmu. Mengkudu mempengaruhi pembuluh darahmu dengan menenangkan sel-sel otot, sehingga meningkatkan aliran darah di arteri.[]sumber:liputan6

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.