25 September 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


6 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh

...

  • portalsatu.com
  • 11 September 2017 11:40 WIB

TERTAWA ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan sering tertawa bisa mencegah penyakit yang berbahaya. Fakta bahwa tertawa sangat baik untuk kesehatan didukung oleh banyak penelitian.

Sebab beberapa penilitian menunjukkan bahwa tertawa memberikan efek fisiologis, sosial, psikologis serta spiritual pada tubuh. Serta meningkatkan kualitas hidup.

Mengutip TheHealthsite. Berikut 6 manfaat Tertawa bagi kesehatan Tubuh : 

1. Mencegah penyakit jantung
Banyak penelitian telah membuktikan bahwa tawa memberikan efek positif pada jantung selain menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 40%. Alasannya, tertawa meningkatkan aliran darah ke jantung dan memperbaiki fungsi pembuluh darah yang pada akhirnya memberikan perlindungan terhadap komplikasi kesehatan kardiovaskular seperti serangan jantung.

2. Membantu menurunkan berat badan
Beberapa penelitian mengklaim bahwa tertaea dapat bertindak sebagai bantuan efektif untuk mengendalikan hasrat Anda. Serta membantu dalam mangatur berat badan. Hal ini karena tertawa menyebabkan pelepasan zat kimia otak yang disebut serotonin, dengan bertindak sebagai penekan nafsu makan hingga membuat Anda merasa kenyang.

Tawa juga mengaktifkan otot-otot kanan dari perut ke bahu dengan memberikan efek yang sama seperti latihan senam. Dalam hal ini setara sepuluh menit dalam melakukan olahraga.

3. Menghilangkan sakit kepala 
Tertawa memicu pelepasan hormon alami yang secara klinis disebut endorfin. Zat kimia otak ini bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami yang menghilangkan rasa sakit pada tubuh. Tertawa juga ditemukan untuk memudahkan kelainan otot tertentu dengan menghambat siklus nyeri spasme atau yang terjadi pada betis yang mengalami ketegangan 

4. Mengurangi stres 
Tawa yang baik dan sehat tidak hanya melemaskan otot Anda tapi juga mengurangi ketegangan fisik dan stres. Ini juga membantu dalam menjaga aliran darah normal di tubuh. Serta membuat Anda lebih energik dan bahagia. Tawa meningkatkan suplai oksigen ke otak dan berbagai organ tubuh sehingga meningkatkan kinerja neurologis dan khasiatnya dan juga memberikan kelegaan sehingga terhindar dari stres dan depresi.

5. Membantu kualitas tidur 
Dalam hiruk pikuk kehidupan, kebanyakan dari kita menderita kurang tidur yang bisa menyebabkan insomnia. Tapi, tertawa yang baik bertindak sebagai bantuan alami untuk tidur yang nyenyak dan juga mencegah insomnia dengan memicu pelepasan hormon penginduksi tidur. 

6. Terlihat Awet Muda
Studi penelitian telah menunjukkan bahwa tertawa memiliki manfaat kesehatan yang luas pada otak dan tubuh. Ini bertindak sebagai agen anti penuaan alami yang membantu Anda terlihat lebih muda. Utamanya, membuat Anda bugar, baik secara mental maupun fisik. Hal ini karena meningkatnya  aliran darah ke wajah dan mengurangi stres. Hingga mempengaruhi warna kulit dan elastisitas wajah semakin kencang, serta tidak akan mudah keriput.[]Sumber:sindonews

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.