23 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


7 Cara Membuat Rumah Sehat, Terapkan Hal Ini

...

  • portalsatu.com
  • 10 September 2019 21:00 WIB

© MEN
© MEN

Memiliki rumah atau hunian yang sehat merupakan impian bagi hampir setiap orang. Dengan rumah yang sehat, kondisi kesehatan keluarga pun jadi terjamin

Bayangkan jika kondisi rumah sangat kotor, udaranya pengap, penuh barang debu. Penyakit akan dengan mudah muncul. Anak-anak pun akan mudah sekali sakit.

Ada banyak aspek yang penting untuk dipenuhi demi mewujudkan rumah sehat. Bagi Sahabat Dream yang ingin beres-beres rumah akhir pekan ini, cobalah lakukan hal-hal berikut.

Dikutip dari Dekoruma, coba tujuh cara agar membuat hunian jadi lebih sehat. Yuk, simak.

Hindari Material dari Zat Kimia Berbahaya

Cara membuat rumah sehat yang pertama adalah dengan menghindari menggunakan material rumah yang mengandung zat kimia berbahaya. Material yang mengandung zat kimia misalnya seperti asbes atau plafon yang digunakan sebagai atap rumah.

Kedua material bangunan tersebut mengandung bahan PVC yang dimana bisa menciptakan suatu gas tertentu. Gas yang dikeluarkan tersebut memungkinkan menimbulkan berbagai macam penyakit baik itu penyakit ringan ataupun penyakit berat.

Bahkan, salah satu penyakit yang bisa ditimbulkannya adalah penyakit kanker. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa jenis cat dinding yang juga mengandung zat kimia berbahaya seperti cat sintetik serta thinner. Untuk itu, pada saat akan membangun atau merenovasi rumah, sebaiknya perhatikan kembali kandungan bahan pada material yang akan digunakan.

Cegah Hama Berkembang

Rumah yang sehat itu berarti juga harus terbebas dari segala kuman, bakteri serta hama. Salah satu hama yang kerap kalian temui di hunia rumag adalah rayap.

Tidak hanya itu saja, hama bisa berupa jamur yang menepel di dinding ataupun serangga yang mengisi sebuah ruangan. Jika sudah mengalaminya, tentu saja sebagian besar orang akan lebih memilih menggunakan pestisida dalam mengatasinya.

Penggunaan pestisida akan sangat memungkinkan menyisakan bahan kimia berbahaya tertempel di perabotan rumah. Bahkan, sangat mungkin jika pestisida tersebut masih tercampur dengan udara di dalam rumah.

Untuk itu, akan lebih baik jika tidak memberikan ruang untuk hama berkembang biak sebelumnya. Dengan melakukan hal tersebut, kita tidak akan menggunakan pestisida untuk mengusirnya yang juga bisa menyebabkan zat kimia berterbangan di dalam rumah.

Perbanyak Cahaya Matahari Masuk Rumah

Memperbanyak cahaya matahari untuk masuk ke dalam rumah merupakan salah satu hal penting dalam membuat rumah sehat. Pencahayaan alami sangat mempengaruhi kelembapan di dalam rumah.

Dengan banyaknya cahaya matari masuk, nantinya akan membantu mengurangi kelembapan yang berlebihan. Hal tersebut pula bisa membantu dalam membunuh kuman dan bakeri yang bersarang di dalam hunian.

Kamar tidur yang banyak mendapatkan cahaya matahari juga tidak bagus untuk kesehatan, Sahabat Dream. Dengan banyaknya cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar mampu membuat tidur atau istirahat menjadi terganggu.

Untuk itu, tetap sesuaikan cahaya yang masuk ke dalam rumah dengan kebutuhan ruangan tersebut pula. Sediakan juga lampu yang memiliki cahaya tidak terlalu gelap ataupun tidak terlalu terang di setiap ruangan.

Perbanyak Ventilasi Rumah

Selain membutuhkan pencahayaan yang bagus, cara membuat rumah sehat selanjutnya adalah dengan memperbanyak ventilasi rumah. Ketika menghirup udara, tidak hanya oksigen saja yang dihirup melainkan juga terdapat partikel lainnya.

Jika tidak memiliki ventilasi yang banyak, udara yang telah terkontaminasi zat racun tersebut tidak bisa keluar dan berganti dengan udara bersih berasal dari tamanan hijau di luar rumah.

Bagi yang akan membangun ataupun merenovasi rumah, usahakan membuat ventilasi rumah yang sesuai dengan kebutuhan. Sederhananya, jika memliki banyak sekali ruangan serta memiliki rumah yang luas sebaiknya perbanyak pula ventilasi rumah agar udara tetap selalu terjaga kebersihannya.

Bisa juga menggunakan AC dalam membuat sirkulasi udara di dalam rumah. Namun, ventilasi rumah merupakan sirkulasi udara alami terbaik bagi sebuah bangunan.

Perbanyak Tanaman Hijau

Dalam membantu membuat sirkulasi udara yang bagus, tanaman hijau sangat dibutuhkan. Bisa  menghadirkan tanaman secukupnya dan letakkan di dalam rumah serta di sekitar.

Selain mampu menjaga sirkulasi udara, tanaman hijau juga bisa membantu dalam menjaga kelembapan udara serta temperatur hunian.

Tanaman juga bisa memberikan rasa rileks pada penghuni rumah sehingga  bisa terbebas dari stres dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Bisa juga membuat vertikal jika hunian tidak memungkinkan membuat sebuah taman hijau yang luas. Taruh beberapa tamanan kecil dalam pot pada setiap ventilasi atau jendela rumah.

Menggunakan Material yang Mudah Dibersihkan

Cara membuat rumah sehat yang berikutnya adalah dengan menggunakan material rumah yang mudah untuk dibersihkan. Kebersihan merupakan faktor penting dalam membentuk suatu hunian yang sehat.

Gunakan material yang ramah lingkungan seperti misalnya cat dinding spotless. Cat dinding ini merupakan salah satu jenis cat dinding yang sangat mudah dibersihkan hanya dengan air dan lap jika kotor.

Tidak hanya material saja, perabotan rumah juga diusahakan untuk memilih yang mudah dibersihkan. Salah satu perabotan rumah yang harus sering diperhatikan adalah karpet.

Bersihkan karpet secara berkala sebab karpet sangat mudah menyimpan debu serta kotoran. Gunakan alat penyedot dan cucui secara rutin.

Selalu Merawat Hewan Peliharaan

Apakah Sahabat Dream memiliki hewan peliharaan? Selalu rawat hewan peliharaan yang masuk ke dalam rumah. Jika tidak merawat hewan peliharaan secara baik maka akan menimbulkan masalah kesehatan.

Pastikan selalu untuk merawat hewan peliharaan kalian sebaik mungkin dan sesering mungkin. Pastikan juga ada ruangan tersendiri, tempat si hewan peliharaan ini berkumpul.[]Sumber:dekoruma/dream

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.