26 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Alasan Lemak Perut Sulit Hilang Setelah Usia 40 Tahun, Begini Atasinya

...

  • portalsatu.com
  • 18 November 2020 20:00 WIB

@Istockphoto/Marija Jovovic
@Istockphoto/Marija Jovovic

Lemak perut adalah masalah umum yang menjadi perhatian semua orang. Baik itu pria maupun wanita, keduanya berjuang untuk menjaga bagian tengah perut mereka tetap rata. Tapi melepaskan beberapa inci dari perut tidak pernah mudah. 

Tidak peduli olahraga apa yang Anda coba atau diet apa pun yang diikuti, lemak perut yang membandel tidak akan bergerak dengan mudah. Masalah ini menjadi lebih umum setelah Anda mencapai usia 40 tahun. 

Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu mengapa sulit menghilangkan lemak perut seiring bertambahnya usia dan apa yang harus dilakukan untuk mempercepat prosesnya, seperti dilansir dari laman Times of India.

Mengapa sulit menghilangkan lemak perut setelah usia 40 tahun? Penyebab utamanya adalah hilangnya massa otot. Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan massa otot, yang memperlambat metabolisme dan mulai membakar lebih sedikit kalori. Kedua faktor ini membuat berat badan lebih sulit untuk diturunkan, terutama dari bagian tengah tubuh.

Alasan lainnya adalah perubahan hormonal. Baik kenaikan berat badan maupun penurunan berat badan didorong oleh hormon kita. Wanita umumnya menyimpan lebih banyak lemak subkutan (lunak) di area perut dan paha. Sementara pria menyimpan lebih banyak lemak visceral (keras) di area perut. 

Ini mulai terjadi ketika mereka mencapai masa pubertas dan tetap sama sampai mereka mencapai usia 40. Setelah usia ini, perubahan hormonal terjadi pada pria dan wanita. 

Wanita mengalami perimenopause dan menopause dan kecenderungan penyimpanan lemak bergeser. Mereka mendapatkan lebih banyak lemak perut yang keras karena kadar testosteron dan estrogen yang lebih rendah dan pria mendapatkan lebih banyak lemak lunak.

Menghilangkan lemak perut lebih penting daripada menghilangkan lemak dari bagian tubuh lainnya. Lemak visceral yang tertinggal jauh di dalam perut berbahaya bagi kesehatan dalam banyak hal. Ini terkait dengan peningkatan risiko masalah pernapasan, penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Untuk menurunkan berat badan setelah usia 40 tahun, Anda perlu melakukan upaya ekstra. Anda harus mengubah trik penurunan berat badan untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

Berikut tiga cara untuk memaksimalkan penurunan berat badan seiring bertambahnya usia.

Mengurangi tingkat stres

Stres adalah penyumbang utama kenaikan berat badan. Jadi, mengelola tingkat stres Anda adalah hal paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Cobalah yoga dan meditasi untuk itu.

Tambahkan latihan dalam rutinitas

Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang kurang berolahraga. Akibatnya, mereka membakar lebih sedikit kalori dan mengurangi berat badan. Anda perlu menambahkan latihan gabungan dalam rutinitas Anda untuk membakar lebih banyak kalori dan membangun kekuatan. Latihan gabungan bekerja pada beberapa latihan dalam satu waktu.

Mengubah pola makan

Anda perlu lebih memperhatikan kebiasaan diet saat mencoba menurunkan berat badan di usia yang lebih tua. Sertakan sumber protein nabati dalam makanan Anda. Hindari makanan olahan dan olahan.[]sumber:viva

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.