10 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Begini Cara Buat Disinfektan Sendiri di Rumah untuk Tangkal Wabah

...

  • VIVA
  • 23 March 2020 19:30 WIB

@Brilion.net
@Brilion.net

Disinfektan saat ini tengah gencar dilakukan, baik itu oleh pemerintah, pihak swasta, atau tiap masyarakat untuk membasmi virus corona jenis baru atau COVID-19. Banyak orang yang merasa kesulitan menemukan cairan disinfektan sehingga memilih menggunakan hand sanitizer untuk mengatasinya.

Padahal, hand sanitizer yang dipakai untuk membasmi virus atau bakteri di permukaan benda, tidak efektif. Sebab, kandungan hand sanitizer dan disinfektan berbeda jauh, di mana hand sanitizer dikhususkan untuk membasmi virus atau bakteri di tubuh.

"Disinfektan untuk kurangi jumlah kuman di benda mati. Sanitizer untuk kurangi jumlah kuman di tubuh. (Perbedaannya ada di) bahannya pasti, karena reaksi tubuh dan benda mati berbeda," ujar Dokter Spesialis Okupasi dr Marsen Isbayuputra SpOK, dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Senin, 23 Maret 2020.

Cairan disinfektan sendiri mengandung bahan yang seharusnya lebih 'keras' dibanding hand sanitizer. Sehingga pemakaian hand sanitizer pada permukaan benda tak akan mampu membasmi virus atau kuman. Untuk cairan disinfektan juga sebenarnya bisa dibùat sendiri dengan bahan yang ada.

"Cairan pemutih pakaian yang dicampur dengan air. Ada campuran untuk komposisinya," ungkapnya.

Dikutip dari laman The Health Site, cairan disinfektan dapat dibuat dengan pemutih pakaian dan air di mana komposìsinya sebanyak 1/3 cangkir pemutih dan satu galon air. Untuk ukuran kecil, bisa dengan komposisi 4 sendok teh pemutih dan 900 ml air.

Namun, pastikan agar sebelum menggunakan disinfektan, permukaan benda sudah dibersihkan dengan campuran air dan sabun untuk benar-benar membasmi kuman. Selalu biarkan ventilasi terbuka selama proses disinfektan berlangsung di rumah agar pernapasan tidak terganggu.[]Sumber:viva

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.