02 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Berkat Rajin Puasa Senin-Kamis, Sakit Maag Pria Ini Sembuh

...

  • OKEZONE
  • 24 February 2020 12:30 WIB

SELAIN menunaikan puasa wajib ketika bulan Ramadan, puasa Senin-Kamis sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk menambah dan memupuk pahala serta keimanan yang nantinya akan jadi tabungan atau bekal di akhirat.

Puasa Senin-Kamis cukup mudah dilakukan karena tidak harus berpuasa selama satu bulan penuh, seperti saat bulan Ramadan. Namun jika belum memiliki niat yang kuat mungkin saja sebagian Muslim masih berat menjalankan.

Tapi hal itu tidak bagi Randi (bukan nama sebenarnya), setiap Senin-Kamis ia tidak pernah melewatkan puasa sunah. Bukan karena banyak hutang puasa saat Ramadan, namun dirinya merasakan manfaat yang sangat luar biasa ketika menjalan puasa Senin Kamis dengan istiqamah.

"Alhamdulillah, sejauh ini belum pernah melewatkan puasa sunah (red. Senin-Kamis). Sebenarnya saya enggak terlalu mau ceritain ini takut riya karena ibadah itu kan bukan untuk dipamerkan," katanya kepada Okezone belum lama ini.

Namun di sisi lain bukan berarti pria kelahiran Kota Bandung ini menutup dirinya. Ia tetap menceritakannya dalam kemasan lain, yakni sebagai bentuk motivasi kepada seluruh Muslim supaya senantiasa tidak hanya melaksanakan ibadah wajib saja, tapi diimbangi oleh amalan sunah lainnya.

Randi menuturkan, mulanya ia menderita sakit maag yang cukup parah bahkan hampir kronis. Segala daya upaya telah dilakukan untuk mengobati sakit yang dideritanya itu. Setiap bulannya Randi pergi ke dokter dan obat-obatan tidak pernah lepas darinya.

"Waktu itu saya punya penyakit maag, hampir kronis. Saya menderita sakit itu selama tiga tahun, coba bayangkan ketika saya telat makan sedikit atau salah makan lambung saya langsung meronta-ronta. Serba salah," tutur pria berprofesi sebagai motivator ini.

Mulai dari obat dari dokter hingga herbal sudah ia coba sebagai ikhtiar supaya penyakitnya segera sembuh. Namun tetap saja hasilnya sama, rasa sakit di lambungnya semakin menjadi-jadi. Randi hampir menyerah karena setiap hari harus merasakan sakit yang luar biasa. "Pokoknya saya menderita, tiap malam sering kambuhnya. Sampai-sampai saya susah tidur," ujarnya.

Kemudian Randi berpikir dan menyadari bahwa ketika ia berpuasa di bulan Ramadan sakit maagnya jarang sekali kambuh, bahkan bisa dibilang tidak pernah merasakan sakit yang begitu hebat di bulan-bulan biasanya.

Akhirnya Randi mencoba puasa sunah Senin Kamis, ia memulainya saat hari Kamis. Ketika sedang berpuasa ternyata nyerinya masih saja datang tapi dirinya tidak menyerah begitu saja, rasa sakitnya ditahan meski kepalanya sampai sakit.

Hari Senin pun tiba, ia kembali melaksanakan puasa sunah lagi. Sampai bertemu Kamis ia terus berpuasa. Setelah tiga bulan ia melakukan itu (red. puasa), ternyata Randi mulai merasa perubahan.

"Setelah tiga bulan saya lakukan puasa sunah setiap Senin Kamis, kok lambung saya tidak pernah sakitnya parah. Akhirnya saya periksakan ke dokter, karena selama tiga bulan itu saya belum pernah periksa lagi hanya membeli obat saja ke apotik," terangnyanya.

Setelah Randi periksa ke dokter, ternyata sakit maagnya dinyatakan semakin membaik. Asam lambung yang sebelumnya selalu naik secara tiba-tiba, kini kondisinya dinyatakan normal.

"Alhamdulillah, ternyata berkat puasa Senin Kamis maagnya malah membaik enggak sakit seperti dulu. Tapi saya enggak mau takabur juga, walau kata dokter lambung saya sudah kembali normal tapi saya tetap jaga dengan memeriksakannya ke dokter, minum obat meski tidak sebanyak dulu obatnya. Terpenting adalah jaga kesehatan dan pola makan," pungkasnya.[]Sumber:okezone

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.