24 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cemas Menghadapi Pandemi Covid-19

...

  • portalsatu.com
  • 02 June 2020 12:35 WIB

@CNN
@CNN

Oleh Ns.Nurul Amna S.Kep*

Pandemi Covid-19 masih terus merajalela di dunia saat ini walaupun di Aceh sendiri sudah dikatakan berzona hijau yang artinya tidak banyak dari masyarakat Aceh yang positif coronavirus-19, tetapi sebagian besar masyarakat Aceh masih merasakan cemas saat mendengarkan informasi-informasi terkait covid-19. 

Tak jarang bagi setiap masyarakat saat mengikuti informasi tentang Covid-19 timbul rasa pusing, mual, sesak nafas, keringat dingin bahkan sebagian orang susah tidur. 

Satu sisi oleh karena cemas, adanya perasaan yang sangat manusiawi, apalagi di tengah pandemi covid-19 yang terus meluas saat ini, namun kecemasan yang berlebihan bahkan panik itu menjadi bahaya dan dapat mengancam kesehatan mental. 

Maka dari itu, mengatasi atau mengurangi rasa cemas juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mental supaya imun tubuh kuat dalam menghadapi isu pandemi covid-19.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa teman-teman ikuti untuk mengurangi rasa cemas, was-was dan susah saat menghadapi pandemi covid-19;

1. Membatasi diri dari paparan informasi yang menyedihkan atau terkait kematian akibat Covid-19 dari media sosial atau informasi dari orang ke orang.

2. Kemudian, jika ingin mencari informasi terkait covid-19, carilah pada sumber yang terpercaya dan informasi yang akurat.

3. Hindari membaca berita-berita hoax terkait covid-19.

Terlalu banyak membaca berita-berita yang tidak penting dapat meningkatkan kecemasan dan akan menjadi bahaya atau ancaman terhadap kesehatan mental. 

4. Tetap fokus menjalankan hal-hal yang dapat melindungi diri dari serangan virus, misalnya tetap menjalankan protokol-protokol covid-19 seperti mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air yang mengalir atau saat berpergian mencuci tangan menggunakan hand sanitizer kemudian tetap menjaga jarak dan lain sebagainya.

5. Menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang positif, walaupun tetap stay at home. Kita masih bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif di rumah misalnya membuat kerajianan tangan, menanam bunga atau kegiatan lainnya yang bersifat positif. Karena hal tersebut akan sangat membantu mengalihkan rasa cemas yang sedang dialami.

Nah itu saja beberapa tips untuk mengurangi rasa cemas saat pandemi covid-19, semoga bermanfaat, ya, teman-teman. Dan semoga Allah senantiasa memberikan kita kesehatan.[]

*Mahasiswi Magister Keperawatan Unsyiah.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.