12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dalami Program JKN-KIS, Pansus DPRK Sabang Kunjungi BPJS Kesehatan Banda Aceh

...

  • portalsatu.com
  • 12 March 2020 17:30 WIB

Foto: dok. BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh
Foto: dok. BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh

BANDA ACEH – Panitia Khusus (Pansus) II Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Sabang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh pada Rabu (11/3). Pansus yang diketuai oleh Muhammad Isa ini turut didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Sabang dan Asisten Pemerintah Kota Sabang ini disambut langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh berserta jajarannya.

Kegiatan kunker yang dilakukan dalam bentuk diskusi dan dialog ini dalam rangka mendapatkan saran dan pendapat untuk bahan masukan pembentukan Rancangan Qanun (setingkat Peraturan Daerah – red) tentang Sistem Kesehatan Daerah di Kota Sabang.

“Maksud kedatangan kami dari DPRK Sabang beserta tim dalam rangka mendapatkan gambaran dan masukan untuk pembentukan Qanun tentang Sistem Kesehatan Daerah di Kota Sabang yang sedang kami rancang, sebelumnya dalam kami menyusun qanun tersebut menemui pertanyaan dan kendala sehingga hari ini kami kemari untuk mendalami Program JKN-KIS,” ungkap Wakil Ketua DPRK Sabang, Ferdiansyah saat membuka pertemuan.

Sementara itu Anggota Pansus Pembentukan Rancangan Qanun Sistem Kesehatan Daerah DPRK Sabang, Darmawan mengatakan direnakan qanun tersebut nantinya akan mengatur mengenai hal-hal yang belum diatur didalam Program JKN-KIS maka akan diatur melalui qanun tersebut.

“Mengingat kondisi geografis Kota Sabang yang terletak di daerah kepulauan dan paling ujung barat Aceh, walaupun penduduknya tidak terlalu banyak, namun dengan adanya qanun tersebut yang akan mengatur hal-hal yang tidak diatur didalam Program JKN-KIS dengan tujuan untuk kemudahan dan kenyamanan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan, oleh karena itu butuh masukan dan kerja sama dari BPJS Kesehatan,” katanya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Neni Fajar menyampaikan bahwa saat ini dari jumlah penduduk Kota Sabang sebanyak 42.103 sudah 39.462 atau sudah  93,73% terdaftar menjadi peserta JKN-KIS.

“Penduduk di Pulau Sabang sudah 93,73% tercover kedalam Program JKN-KIS, tentunya ini adalah sesuatu yang sangat baik karena jika sewaktu-waktu sakit masyarakat disana tidak kesulitan mengakses layanan dan juga kami menyambut baik apa yang dilakukan oleh Bapak dan Ibu anggota DPRK Sabang untuk membentuk Qanun tentang Sistem Kesehatan yang dimana nantinya apa yang tidak diatur didalam JKN-KIS dapat diatur dalam qanun tersebut sehingga berdampak kepada kemudahan-kemudahan yang terus didapat oleh masyarakat khususnya di daerah kepulauan,” ucapnya.[](adv)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.