19 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dokter FKTP Kembali Terima 'Mentoring' dari Dokter Spesialis

...

  • portalsatu.com
  • 13 May 2019 06:00 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Banda Aceh – BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh kembali menggelar mentoring dari dokter spesialis kepada dokter umum yang ada di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Kegiatan yang dihadiri sekitar 70-an peserta yang terdiri dari dokter umum dan pengelola Klub Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) di FKTP Kabupaten Aceh Besar ini juga sekaligus diadakan pertemuan kooordinasi untuk pengelolaan bagi penderita penyakit kronis.  

Prolanis adalah sebuah sistem yang memadukan sistem pelayanan kesehatan dan komunikasi kepada peserta JKN-KIS dengan tujuan untuk mendorong kemandirian peserta serta meningkatkan kualitas kesehatan peserta.

“Salah satu tujuan dari prolanis ini adalah meningkatkan kualitas kesehatan pasien yang menderita penyakit kronis agar kondisi kesehatan pasien tersebut tidak menjadi lebih buruk untuk itu pihak FKTP melakukan aktifitas berupa melakukan pemantauan kesehatan, edukasi/konsultasi medis,pelayanan obat secara rutin, home visit dan aktifitas prolanis lainnya,” kata Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Zahlina dalam paparan materinya pada Kamis (9/5) di Banda Aceh.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan feedback mengenai pemantauan kesehatan yang dilakukan oleh FKTP terhadap pasien-pasien yang menderita penyakit kronis. 

“BPJS Kesehatan telah menyediakan sebuah aplikasi yaitu aplikasi P-Care untuk memudahkan pemantauan kesehatan karena dari aplikasi tersebut terdapat riwayat pemantauan kondisi kesehatan pasien sebelumnya oleh karenanya diharapkan FKTP agar tertib administrasi dan tertib penginputan pemantauan kesehatan sehingga antara data pemantauan di aplikasi sinkron dengan data pembayaran yang ditagihkan ke BPJS Kesehatan oelh masing-masing FKTP,” ungkapnya.

M. Diah, dokter spesialis jantung yang memberikan mentoring kepada dokter umum FKTP mengatakan bahwa tujuan dari penanganan penyakit kronis yaitu mencapai kualitas hidup optimal, 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke FKTP pasien Diabeles Melitus (DM) Tipe 2 dan Hipertensi terdiagnosis dengan baik, dan mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

“Untuk penyakit DM, tujuan penatalaksanaannya untuk jangka pendek menghilangkan keluhan DM, memperbaiki kualitas hidup, dan mengurangi risiko komplikasi akut sedangkan untuk tujuan jangka panjang mencegah dan menghambat progresivitas penyulit mikroangiopati dan makroangiopati dimana keduanya itu terjadi gangguan pada pembuluh darah,” jelasnya.

Lanjutnya, tujuan akhir dari penatalaksanaan DM ini adalah turunnya morbiditas (kesakitan) dan mortalitas (kematian) dari penderita DM.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.