17 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dyah Erti Idawati: Pentingnya Konsumsi Ikan Sejak Usia Dini

...

  • portalsatu.com
  • 29 August 2019 20:30 WIB

Foto: BPPA
Foto: BPPA

JAKARTA - Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, M.T., menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) yang diselenggarakan di Hotel Millennium, Jalan Fachrudin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis 29 Agustus 2019.

Dyah mengatakan, rakor tersebut dalam rangka penguatan, sinergitas kegiatan dan menyusun keterpaduan langkah dalam mendukung peningkatan konsumsi ikan nasional melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Namun hanya saja selama ini kegiatan FORIKAN di Aceh belum terlalu aktif.

"Meskipun begitu sebetulnya kegiatan-kegiatan terkait dengan promosi tentang Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan tersebut sudah dilakukan secara besar-besaran di Aceh baik itu melalui Tim Penggerak PKK, Pokja, dan Bunda PAUD," ujarnya.

Dyah mengakui di Aceh sebenarnya tidak ada masalah terkait konsumsi ikan karena produksi ikan di Aceh cukup besar sampai lebih dari 50 kilogram per kapita per tahun, di atas rata-rata nasional yang hanya sekitar 40-an konsumsi. Akan tetapi, pemerataannya yang belum maksimal.

"Kita akan perbanyak promosi-promosi gemar makan ikan secara langsung melalui PAUD-PAUD, pesantren dan sekolah dengan melakukan pemeliharaan ikan selain untuk dimakan juga sebagai pengenalan kepada anak didik terkait pentingnya konsumsi ikan sejak dini," jelas Dyah.

Dyah melanjutkan, untuk mempercepat dan memperluas pengonsumsian ikan maka ke depan akan disusun beberapa agenda dengan harapan, anak-anak Aceh baik tingkat PAUD, Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) supaya gemar makan ikan.

Kegiatan tersebut dibuka Plt. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Nilanto Perbowo dan dihadiri tujuh perwakilan FORIKAN antara lain Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Papua dan Provinsi Aceh.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.