10 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


FKTP Milik TNI Dukung Inovasi Antrean Elektronik BPJS Kesehatan

...

  • portalsatu.com
  • 23 March 2020 14:35 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDA ACEH – Di era serba digital saat ini, penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk melakukan inovasi yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Tak terkecuali bagi BPJS Kesehatan yang telah melakukan inovasi dengan meluncurkan sistem antrean elektronik di fasilitas kesehatan yang terhubung dengan Aplikasi Mobile JKN yang ada di handphone.

“Tujuan dari dikembangkan sistem antrean elektronik ini adalah untuk memberikan kenyamanan bagi pasien yang berobat, kemudian informasi waktu tunggu yang lebih pasti kepada pasien, mengurangi penumpukan pasien diruang tunggu faskes, dan memberikan layanan yang terintegrasi di faskes,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh Neni Fajar di ruang kerjanya, Senin (23/3).

Selain itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang semakin hari semakin banyak yang menerapkan sistem antrean elektronik termasuk FKTP milik TNI/Polri.

“Terima kasih kami untuk FKTP yang semakin hari semakin meningkat untuk menerapkan antrean elektronik termasuk FKTP milik TNI/Polri, untuk diketahui kemarin (Kamis-red) kita sudah terlebih dahulu melakukan integrasi antara aplikasi HFIS yang terdapat di BPJS Kesehatan dengan Aplikasi PCare BPJS Kesehatan yang ada di FKTP yaitu FKTP Iskandar Muda Kuta Alam Banda Aceh dan FKTP Sanggamara Banda Aceh agar dapat diakses di aplikasi Mobile JKN yang ada di handphone peserta,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Kesdam Iskandar Muda, Bowo S. Utomo yang ditemui terpisah menyatakan dukungannya untuk seluruh FKTP milik TNI di Aceh untuk menerapkan inovasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan yaitu penerapan sistem antrean elektronik.

“Harapan saya agar seluruh klinik di bawah naungan Kesdam Iskandar Muda Aceh agar dapat menerapkan inovasi yang telah diciptakan oleh BPJS Kesehatan, oleh karena itu untuk langkah awal harus dipersiapkan sarana dan prasarana yang menunjang terlaksananya sistem antrean elektronik,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan apresiasi kepada Klinik Yudha Bhakti di Kabupaten Pidie yang merupakan FKTP milik TNI yang mendapatkan penghargaan dari BPJS Kesehatan beberapa waktu lalu sebagai FKTP TNI dengan kinerja terbaik melalui penerapan sistem Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK).

“Apresiasi kepada Penghargaan Klinik Yudha Bhakti terpilih sebagai FKTP TNI dengan kinerja terbaik padahal letaknya jauh dari Banda Aceh yang merupakan ibukota Provinsi Aceh, namun dapat melaksanakan KBK dengan baik dalam memberikan pelayanan kesehatan, diharapkan dapat menjadi motivasi kepada FKTP TNI lain terutama di Kota Banda Aceh,” ucapnya.[](adv)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.