19 October 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ingin Tidur Nyenyak, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini

...

  • portalsatu.com
  • 21 August 2019 13:00 WIB

<!--StartFragment-->

Bagi sebagian orang, menahan godaan untuk makan atau sekadar mengunyah camilan itu cukup sulit. Apalagi jika sedang kumpul bersama teman atau sedang ada pekerjaan yang mengharuskan begadang hingga larut malam. Namun alih-alih bisa langsung tidur setelah semua urusan selesai, faktanya beberapa jenis makanan justru bisa membuat tidur nyenyak makin sulit didapat. 

Seperti sebuah penelitian yang dilakukan oleh Simba Sleep yang menjelaskan bahwa 69 persen masyarakat Inggris tidak bisa tidur karena sebelumnya mengonsumsi makanan pedas, mengandung kafein dan alkohol. 

Kandungan tersebut, menurut penelitian tersebut, bisa memaksa otak untuk tetap terjaga. Sebaliknya, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung melatonin—hormon yang mengatur siklus tidur dan membuat tidur lebih lelap - seperti pisang atau teh chamomile. 

Biar enggak salah ngemil lagi, berikut makanan yang sebaiknya Trubus Mania hindari sebelum tidur.

Ayam 

Makanan yang mengandung protein seperti ayam ternyata kurang baik jika dikonsumsi mendekati waktu tidur. Protein pada makanan membuat organ tubuh cukup lama untuk mencernanya. Ketika makanan tersebut Anda konsumsi sebelum tidur, maka otak akan fokus untuk mencerna protein pada makanan daripada mengistirahatkan organ tubuh.

Hasilnya, Anda akan merasa terjaga lebih lama. Agar kembali mengantuk, cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang mampu menyeimbangkan proses pencernaan.

Keju 

Keju mengandung asam amino yang membuat otak lebih waspada. Hal ini membuat kamu tak bisa segera mengistirahatkan tubuh karena otak masih terjaga. Jika memang harus makan keju, sebaiknya konsumsi 30 menit sebelum tidur.

Makanan Pedas

Rasanya tak ada limit untuk makanan pedas yang memang menggoda untuk disantap kapan pun. Namun makanan pedas seperti cabai atau saus mengandung capsaicin, yang menimbulkan rasa pedas sehingga tubuh kurang bisa mengatur suhu ketika akan tidur. Alhasil, kamu dijamin tak akan tidur nyenyak. Belum lagi rasa mulas yang bisa menghampiri ketika malam hari dan membuat kualitas tidur jadi menurun.

Makanan berlemak 

Daging, es krim atau makanan cepat saji lainnya dapat mengganggu pencernaan dan menimbulkan rasa mulas jika dikonsumsi sebelum tidur. Tak cuma itu, makanan berlemak juga bisa meningkatkan asam lambung naik sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Kalau sudah begini, makanan terasa kembali naik ketika kita berbaring di atas ranjang.

Kopi

Undangan ngopi-ngopi di malam hari memang kadang sulit untuk ditolak,  ya. Namun, kandungan kafein pada kopi membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga membuat kita lebih sulit untuk beristirahat di malam hari. Boleh saja mengonsumsi kopi jika memang ingin mengakhiri malam dengan bercinta. 

Selain itu, pada pukul 09.30 – 11.30 dan pukul 13.30 – 17.00 menjadi waktu yang tepat untuk menikmati kopi, loh. Alasannya, di luar waktu tersebut tubuh sedang memproduksi hormon kortisol—hormon stres, sehingga jika kita meminum kopi di luar waktu yang telah disarankan bisa meningkatkan stres pada tubuh.

Cokelat

Sama dengan kopi, cokelat ternyata kurang baik jika dikonsumsi sebelum tidur. Karena cokelat juga mengandung kafein yang membuat jantung bekerja lebih keras sehingga menyebabkan kita sulit beristirahat. Dalam sebatang cokelat susu mengandung 12 miligram kafein sedangkan sebatang cokelat hitam mengandung 20 miligram kafein yang sama saja dengan setengah cangkir kopi.[]Sumber:kumparan.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.