21 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Akibatnya Jika Minum Obat Tanpa Disertai Air

...

  • portalsatu.com
  • 20 October 2019 21:00 WIB

Kamu mungkin sudah pernah melakukannya. Biasanya, kamu terpaksa melakukan ini karena terlalu malas atau sibuk untuk mengambil segelas air.

Tapi tahukah Sahabat Dream, menelan pil atau kapsul tanpa air ternyata sangat tidak disarankan?

Tidak hanya menyebabkan tersedak, minum obat tanpa air juga menimbulkan bahaya lainnya.

Jika menelan obat begitu saja tanpa air, ada kemungkinan besar akan tersangkut di kerongkongan sehingga membuat tidak nyaman.

Mengakibatkan Sejumlah Masalah

Ketika tersangkut, pil dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kerongkongan. Sehingga dapat mengakibatkan sejumlah masalah.

Beberapa masalah jika terjadi iritasi dan peradangan pada kerongkongan adalah mulas, nyeri dada, dan terkadang bahkan lebih buruk, seperti pendarahan.

Minum obat

Kamu mungkin tidak akan merasakan gejalanya secara langsung karena tidak ada saraf nyeri di kerongkongan.

Jika Pil Tidak Turun

Tetapi jika pil tidak turun, akan dapat merusak jaringan halus kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut, seperti dehidrasi dan maag.

Minum obat

Konsekuensinya bahkan lebih buruk ketika kamu mengonsumsi beberapa obat khusus untuk mengatasi osteoporosis atau antibiotik.

Nah, untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan tadi, maka langkah terbaiknya adalah minum banyak air saat menelan obat.

Harus Berdiri atau Duduk

Menurut Cleveland Clinic, orang yang minum obat oral harus mengonsumsi 250 ml air. Selain itu, saat minum obat kamu tidak boleh sambil tidur, tapi harus berdiri atau duduk.

Minum obat

Jika minum obat sambil tidur dikhawatirkan bisa menyebabkan tersedak. Anjuran lainnya, disarankan untuk minum obat 15 menit sebelum tidur. Sehingga pil bisa melewati kerongkongan dengan lancar sebelum kamu berbaring.[]Sumber: Times of India/dream

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.