02 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mi Instan Ternyata Tak Berpengawet dan Mengandung Lilin

...

  • portalsatu.com
  • 28 February 2020 21:30 WIB

Mie instan. @Freepik/dashu83
Mie instan. @Freepik/dashu83

Kandungan natrium dan MSG yang tinggi pada mi instan, membuat makanan satu ini dapat menimbulkan banyak risiko kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, banyak orang yang menyebut bahwa mi instan juga mengandung banyak pengawet.

Namun, spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, MS, SpGK(K), menentang anggapan tersebut. Dalam produk mi instan ternyata tidak mengandung pengawet sama sekali. Mi instan mengandung pengawet, disebut hanya mitos.

"Kalau dilihat dalam bungkus mi instan, coba perhatikan di sana tidak tercantum kalau mi instan mengandung pengawet. Tapi, kalau baca komposisinya ada antioksidan TBHQ, yang membuat makanan tersebut menjadi lebih tahan lama," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne.

Menurut dokter Ida, salah satu fungsi antioksidan TBHQ adalah reservatif yang mampu membuat makanan menjadi lebih tahan lama. Namun, antioksidan TBHQ bukanlah pengawet. Nah, selain itu, di masyarakat juga ada anggapan bahwa mi instan mengandung lilin. Benarkah demikian?

"Mitos. Enggak ada kandungan lilinnya, yang ada hanya mengandung tepung terigu," tambah dia.

Namun, meski mi instan tidak mengandung pengawet dan lilin, bukan berarti kamu bisa dengan bebas mengonsumsi sesuka hati, ya. Sebabnya, konsumsi mi instan berlebih bisa menyebabkan obesitas.

"Mi instan mengandung banyak kalori. Kalau sering mengonsumsi mi instan akan kelebihan kalori sehingga bisa berisiko obesitas," kata Ida.[]Sumber:viva.co.id

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.