06 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kacang Hijau Bisa Bikin Wanita Subur, Ini Alasannya

...

  • VIVA
  • 12 July 2020 22:30 WIB

Kacang hijau. @Pixabay/ Ivabalk
Kacang hijau. @Pixabay/ Ivabalk

Kacang hijau biasanya dikonsumsi dalam sajian bubur dan bisa disantap kapan saja. Selain rasanya yang lezat, kacang hijau juga sangat baik bagi kesehatan termasuk kesuburan wanita..

Kacang hijau memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam folat. Kandungan ini berkhasiat untuk para pasangan suami istri yang berencana melakukan program kehamilan. Tak hanya itu, asam folat juga sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan janin. Bahkan, asam folat bermanfaat dalam mencegah kecacatan pada janin di kandungan. 

"Kacang hijau bermanfaat untuk bumil dan janin karena kacang hijau tinggi asam folat. Untuk pembentukan janin terutama otak, jika kurang akan terjadi kecacatan janin," ujar Dokter Spesialis Gizi, dr. Putri Sakti M.Gizi., dalam acara Hidup Sehat di TvOne, Jumat 10 Juli 2020.

Putri menambahkan, kacang hijau juga memiliki kadar zat besi yang cukup untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Tentunya, hal ini dibarengi dengan pola gizi seimbang dari protein hewani sebagai penambah zat besi.

Untuk bisa mendapatkan manfaat kacang hijau tersebut, pengolahannya harus tepat. Dimulai dari proses memilih kacang hijau yang tidak mengkerut dan mengkilap. Lalu dicuci bersih dan direndam 2-3 jam. "Kita bisa mulai mengolahnya 10 menit. Lalu dibiarkan di air panas sekitar 30-60 menit. Boleh tambah gula tapi jangan berlebihan atau bisa pakai santan untuk rasa gurih tapi yang encer agar sehat," jelasnya.[]sumber:viva

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.