10 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Khasiat Tersembunyi Jahe, Bisa Hilangkan Lebam di Tubuh

...

  • VIVA
  • 14 January 2020 22:30 WIB

Jahe. @Pixabay
Jahe. @Pixabay

Musim hujan dengan udara cenderung dingin, membuat tubuh ingin mengonsumsi sajian yang hangat. Salah satunya minuman berbahan dasar jahe yang tak hanya menghangatkan tubuh tapi juga berkhasiat baik.

Di antara tanaman herbal lainnya, jahe termasuk tanaman yang paling populer dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini tidak lepas dari manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai gejala penyakit.

Sebut saja khasiatnya pada ibu hamil yang ampuh untuk mengatasi mual yang terasa. Tentunya, jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai, jahe bisa mengusir mual yang cenderung terasa saat trimester pertama kehamilan.

"Khasiat jahe sudah terbukti ringankan mual pada ibu hamil tapi konsumsinya jangan terlalu banyak. Belum diteliti lebih lanjut mengenai dampaknya tapi disarankan tidak berlebihan," ungkap spesialis farmakologi klinis, Prof Dr dr Purwantyastuti MSc, SpFK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne.

Selain itu, jahe yang dikonsumsi juga bermanfaat dalam mengatasi serangan pegal yang terjadi pada tubuh. Bahkan, jahe ampuh untuk atasi lebam yang timbul di beberapa bagian tubuh.

"Jahe ditumbuk lalu ditaruh di atas luka lebam bisa ringankan sakitnya. Tapi jangan dilakukan pada luka terbuka," terangnya.

Untuk menambah kenikmatan, biasanya minuman jahe dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Lantas, bagaimana dampak dengan sajian minuman Jahe yang dicampur dengan bahan lain seperti gula, susu, atau kopi?

"Rasa jahe kan cenderung pedas memang, kurang enak. Jadi bisa pakai gula. Selama batasan gulanya masih wajar, boleh tetapi bagi pengidap diabetes sebaiknya dihindari," tuturnya lagi.

Sementara, untuk campuran jahe dengan bahan lain terbukti tak memiliki dampak buruk apapun selama tidak berlebihan. Tetapi, untuk tambahan bahan soda, waspada bisa mengiritasi lambung.[]Sumber:viva

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.