15 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Konsumsi Bumbu Dapur Ini Ampuh Tingkatkan Stamina Pria

...

  • VIVA
  • 17 June 2020 22:30 WIB

Lengkuas. @tribunnews.com
Lengkuas. @tribunnews.com

 Bicara bumbu dapur atau rempah-rempah, kunyit dan jahe adalah yang paling populer. Jarang ada yang membahas mengenai manfaat dari lengkuas. Bahkan, kebanyakan orang hanya menggunakannya sebagai bumbu dapur dan penyedap masakan. 

Padahal, bumbu dapur yang memiliki nama lain laos ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan lho. Salah satunya dapat meningkatkan stamina pria. Benarkah demikian? 

Dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Spesialis Farmakologi, dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed., Pharm.D, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, lengkuas memang dapat meningkatkan stamina, terutama pada pria dewasa. 

"Kaitannya dengan usia 45 tahun pada laki-laki, ada suatu penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi lengkuas bisa meningkatkan stamina pada pria dewasa. Karena penelitiannya sudah ada, bahwa dia mampu meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan mortilitas dari spermatogenesis, " ujarnya di studio tvOne, Selasa 16 Juni 2020. 

Tapi, Wawaimuli turut memperingatkan bahwa rempah satu ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak maupun ibu hamil. Namun, herbal ini cukup aman digunakan untuk usia dewasa. 

Selain meningkatkan stamina, konsumsi air rebusan lengkuas juga diketahui mampu menghilangkan rasa sakit, berkat kandungan anti inflamasi yang terdapat di dalamnya. Namun, Wawaimuli turut memberikan catatan penting mengenai herbal ini terkait manfaatnya. 

"Tetapi, tidak semua bisa diatasi dengan lengkuas. Jadi, ada sakit-sakit atau peradangan tertentu yang secara ilmiah bisa dibuktikan dapat menggunakan lengkuas ini. Biasanya sakit-sakit yang disebabkan oleh sendi, itu bisa dibantu dengan penggunaan lengkuas. Jadi tidak semua sakit ya, hanya sakit-sakit sendi, tidak bisa digeneralisir," tuturnya. 

Tidak berhenti di situ, spesialis farmakologi itu turut mengupas manfaat lain lengkuas yang bisa digunakan untuk menghilangkan pegal-pegal. Bagaimana cara mengolahnya? 

"Dengan cara diparut, direbus, jangan lupa disaring, kemudian diminum secara teratur. Kalau dioles tidak seefektif seperti diminum," kata dia.[]sumber:viva

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.