29 September 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Lakukan Yoga Secara Rutin, Ini Manfaat yang Didapat

...

  • REPUBLIKA
  • 08 August 2017 08:40 WIB

 JAKARTA -- Yoga tak hanya bermanfaat menurunkan berat badan. Kegiatan ini ternyata menyimpan manfaat lain yang mungkin tidak disadari. Yoga kini makin banyak dipraktikkan di seluruh dunia dari berbagai usia. Studi terbaru menunjukkan yoga adalah terapi tradisional yang membantu meringankan depresi dan gangguan mental lainnya.

Dilansir dari laman Boldsky, hasil studi itu dipresentasikan dalam Konvensi Tahunan Asosiasi Psikologi ke-125 di Washington DC. Para peneliti melibatkan pria dan wanita selama eksperimen untuk melihat efek dari yoga dalam mereduksi depresi.

Hatha yoga dan bikram yoga adalah dua jenis yoga yang diaplikasikan dalam penelitian. Sebanyak 23 pria mengikuti kelas hatha yoga dua kali sepekan selama dua bulan. Sementara itu, 52 wanita melakukan bikram yoga dalam jangka waktu yang sama.

Setelah eksperimen berakhir diperoleh hasil bahwa ada penurunan stres yang signifikan pada diri para responden. Di samping itu, kualitas hidup para responden dinilai lebih meningkat. Sebelumnya, studi lain juga pernah dilakukan untuk mengetahui manfaat yoga dalam mengatasi tekanan pikiran.

Studi terdahulu melibatkan 12 responden yang rata-rata punya pengalaman depresi selama 11 tahun. Setiap responden wajib mengikuti sesi yoga selama 2,5 jam yang berlangsung sembilan pekan. Hasilnya menunjukkan bahwa yoga secara signifikan menurunkan skor stres, depresi, dan kecemasan.[]Sumber:republika

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.