12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Dinyatakan Pulih
ODGJ Asal Rundeng Diserahkan kepada Keluarga

...

  • SUDIRMAN
  • 04 September 2019 14:00 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SUBULUSSALAM - Jasmiati alias Ijas (41), pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) asal Kota Subulussalam dipulangkan kepada keluarganya di Desa Muara Batu-batu Kecamatan Rundeng, setelah yang bersangkutan dinyatakan pulih oleh pihak rumah sakit, Selasa, 3 September 2019.

Kepala Dinas Sosial Kota Subulussalam, Drs. H. Sanusi, M.Ag kepada portalsatu.com, Rabu, 4 September 2019, mengatakan pemulangan Ijas setelah yang bersangkutan dinyatakan pulih usai menjalani perawat di RSUD dr. H. Yuliddin Away Tapaktuan, Aceh Selatan.

Sebelumnya, Ijas dirawat inap jiwa RSUD dr. H. Yuliddin Away sejak 11 Juli 2019 dengan diagnosa Skizofrenia Paranoid yang cenderung mendengar suara-suara di dalam pikiran dan melihat sesuatu yang tidak nyata.

"Sudah diperbolehkan pulang ke rumah oleh pihak rumah sakit Aceh Selatan yang sebelumnya kita antar ke sana untuk mendapat pengobatan," kata Sanusi.

Sanusi bersama sejumlah petugas Dinas Sosial Kota Subulussalam menjemput Ijas di rumah sakit Yuliddin Away Tapaktuan untuk dibawa pulang dan diserahkan kepada pihak keluarga di Desa Muara Batu-Batu, Kecamatan Rundeng, Subulussalam.

"Jadi, walaupun pihak rumah sakit sudah menyatakan pulih, namun peran keluarga diminta untuk selalu mengontrol pasien agar tidak kembali kambuh," ucap Sanusi.

Sanusi berharap kepada masyarakat khususnya keluarga Ijas agar memperhatikan secara serius dan memberi obat secara rutin, supaya pasien bisa sembuh total. Sehingga tidak mengganggu kententraman masyarakat seperti sebelumnya. 

"Karena banyaknya keluhan masyarakat terkait ulah Ijas yang sering mengganggu di jalanan, maka dinsos mengambil kebijakan untuk kembali membawa ke rumah sakit di Aceh Selatan," ujarnya.

"Alhamdulillah sekarang sudah pulih, semoga tidak kambuh lagi," kata Sanusi.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.