20 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Otak 11 Tahun Lebih Muda Berkat Makan Bayam Tiap Hari

...

  • portalsatu.com
  • 18 January 2019 22:00 WIB

Makan sayuran berdaun hijau seperti bayam bisa mencegah pikun dan Alzheimer (Wikimedia Commons/Midori)
Makan sayuran berdaun hijau seperti bayam bisa mencegah pikun dan Alzheimer (Wikimedia Commons/Midori)

Kita semua tahu bahwa sayuran baik untuk tubuh. Tapi apakah Anda tahu bahwa makan satu porsi sayuran berdaun hijau seperti bayam setiap hari bisa mencegah pikun dan penuaan otak?

Para peneliti di Rush University di Chicago mengevaluasi diet dan kemampuan mental sekitar 950 orang lanjut usia atau lansia setiap tahun selama dua sampai 10 tahun.

Peserta, yang memiliki usia rata-rata 81 tahun, berpartisipasi dalam 19 tes untuk menilai fungsi mental mereka. Peneliti juga mengidentifikasi makanan dan minuman dalam menu diet mereka.


Menurut penelitian, orang dewasa yang makan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale sekali atau dua kali sehari lebih sedikit mengalami penurunan fungsi kognitif otak dibandingkan mereka yang tidak makan sayur, bahkan ketika faktor-faktor lain seperti pendidikan, olahraga dan riwayat keluarga demensia turut diperhitungkan.

Peserta yang makan sayuran hijau mengalami penghentian proses penurunan mental rata-rata 11 tahun, para peneliti mengungkapkan hasil penelitian pekan ini di Experimental Biology Conference yang berlangsung di Boston.

"Kehilangan memori atau kemampuan kognitif seseorang adalah salah satu ketakutan terbesar bagi orang-orang ketika mereka semakin tua,” kata peneliti utama Martha Clare Morris, seperti dilansir dari laman Telegraph, beberapa waktu lalu.

“Karena penurunan kemampuan kognitif merupakan pusat penyakit Alzheimer dan demensia (pikun), meningkatkan konsumsi sayuran berdaun hijau bisa menawarkan cara yang sangat sederhana, terjangkau dan non-invasif, berpotensi melindungi otak Anda dari penyakit Alzheimer dan demensia.”

Morris mengatakan bahwa manfaat dari sayuran hijau terkait dengan tingkat tinggi vitamin dan nutrisi, seperti vitamin K, lutein, folat dan beta-karoten.[]Sumber:cnnindonesia

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.