20 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pakai Masker Kain Bikin Jerawatan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

...

  • OKEZONE
  • 11 September 2020 11:00 WIB

@Shutterstock
@Shutterstock

Tiara, seorang pembaca Okezone mengeluh, “Sejak pakai masker, saya cermati area di sekitar pipi dan dagu jadi muncul jerawat. Kenapa, ya?”

Yes, sejak pandemi Covid-19, pakar kesehatan mewajibkan setiap orang memakai masker kain saat beraktivitas. Ini untuk mencegah penularan virus corona dari orang ke orang. Masker kain jadi salah satu alat pencegah paparan virus corona di dalam maupun luar ruangan.

Faktanya, penggunaan masker juga memicu muncul problem baru yang banyak dikeluhkan netizen yaitu kulit wajah berjerawat efek pakai masker atau yang biasa disebut dengan 'Mascne'. 

“Jerawat karena masker bisa terjadi,” kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Bamed dr Sonia Hanifati, SpDV. “Ini lantaran penggunaan masker membuat kulit wajah lebih lembap dan di momen yang sama kulit wajah tersumbat untuk 'bernapas'. Alhasil, risiko kulit berjerawat menjadi sangat besar.”

Saat mengenakan masker kain, area wajah yang tertutupi jadi sangat lembap atau bisa dibilang tingkat moisture-nya kulit berlebihan. “Nah, kondisi ini semakin buruk ketika wajah tertutupi masker, alhasil kulit tidak bisa bernapas dengan baik. Maka, timbul lah jerawat,” jelasnya di Webinar Bamed Healthcare, beberapa waktu lalu.

Bagaimana cara mencegahnya? Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah mencuci masker kain dengan tepat. Apakah selama ini kamu termasuk orang yang menambahkan pengharum atau pelembut pakaian saat mencuci masker kain? Tahukah kamu? Ternyata tindakan ini malah bisa berefek buruk pada kulit wajah.

"Khususnya pada mereka yang punya kulit sensitif, penggunaan pelembut atau pengharum pakaian malah berisiko memperburuk kondisi kulit wajah yang sensitif. Karena itu, kami selalu sarankan, cukup cuci masker kain dengan deterjen," ungkap dr Sonia.

Serupa dengan pernyataan dr Sonia, pakar kecantikan di Face Haus di New York City, Dylan Mustapich, menjelaskan juga bahwa masker memang menjadi penyebab masalah mascne yang banyak dikeluhkan orang-orang saat pandemi.

"Ketika seseorang menggunakan masker, berarti dia menghalangi kelembapan kulit wajah untuk keluar. Ini lantaran, kulit yang tertutup masker jadi lebih lembap dan membuat bakteri penyebab jerawat dapat berkembang biak," tuturnya, menurut laman Wired.

Situasi ini sama halnya dengan mereka yang rutin menggunakan helm. Biasanya, area dekat telinga si pemakai helm, cenderung berjerawat. Ini terjadi karena kotoran, minyak, dan keringat si pengguna helm terperangkap di dalam pori-pori dan menciptakan lingkungan kondusif bakteri berkembang biak.

Nah, jika dr Sonia menyarankan untuk tidak pakai pewangi maupun pelembut pakaian, Dylan menambahkan tips lainnya yaitu jangan stres. "Bagaimanapun pandemi ini membuat banyak orang stress. Tapi perlu diingat stres juga bisa jadi pemicu jerawat. Saran saya, tetap berpikiran santai meski dihadapkan pada pandemi," tambahnya.[]sumber:okezone

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.