22 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pelayanan Plus Melalui Mobile JKN

...

  • portalsatu.com
  • 01 April 2019 17:20 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Banda Aceh – Di era serba digital saat ini, penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk melakukan inovasi yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Tak terkecuali bagi BPJS Kesehatan yang telah melakukan inovasi dengan meluncurkan Aplikasi Mobile JKN.

Aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan yang diunduh pada ponsel dimana peserta dapat mengecek status kepesertaannya, perubahan data peserta, termasuk dapat merubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti puskesmas, klinik dan dokter praktik perorangan hanya dalam genggaman.

Salah seorang peserta JKN-KIS yang telah mengunduh dan memanfaatkan aplikasi Mobile JKN, Rifki Asmana (29) mengungkapkan sangat memudahkan dengan adanya aplikasi tersebut terutama saat dirinya akan berobat.

“Yang paling menakjubkan dari aplikasi ini adalah adanya kartu JKN-KIS dalam bentuk kartu digital, apalagi saya sebagai kepala keluarga pada aplikasi tersebut dapat mengakses kartu digital istri dan anak saya, ya kita berdoa jangan sampai sakit tapi kalau sewaktu-waktu dibutuhkan misalnya istri tiba-tiba harus melahirkan jadi saya tidak perlu pulang ke rumah lagi  untuk mengambil kartu cukup menunjukkan kartu digital istri saya yang ada di handphone sudah dapat digunakan di fasilitas kesehatan jadi menurut saya selain pelayanan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan yang sudah bagus ditambah lagi adanya aplikasi Mobile JKN ini tambah plus lagi pelayanannya,” ungkap Koordinator Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Banda Aceh ini, Jum’at (22/3) di Banda Aceh.

Menurut Rifki, kemudahan lain yang ia dapatkan adalah melalui aplikasi tersebut juga dapat mengubah FKTP dan mengubah data tanpa perlu mengantri di Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

“Saya termasuk orang yang malas mengantri, melalui aplikasi ini dapat memotong jalur untuk saya datang ke kantor BPJS Kesehatan , cukup di rumah saja untuk mengubah data dan ubah FKTP, kalau dilihat secara kesulurahan pelayanan aplikasi Mobile JKN ini sangat luar biasa memberikan kemudahan,” tambah Rifki yang terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah (PPU) di kelas II ini.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Pendamping Sosial PKH, ia mengatakan dirinya akan mengajak para peserta JKN-KIS untuk mengunduh dan memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN saat ia turun ke desa-desa.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.