26 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Persalinan Mudah dan Tanpa Biaya dengan JKN-KIS

...

  • PORTALSATU
  • 02 February 2019 09:30 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Banda Aceh – Kehadiran buah hati merupakan dambaan bagi setiap pasangan yang baru menikah. Begitu juga dirasakan pasangan muda yang baru menikah, Rian Safitra (27) dan Cut Lairisa Oktariana (31). Pasangan ini merasakan kegembiraan atas kehadiran anak pertamanya yang berjenis kelamin perempuan yang baru saja dilahirkannnya di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cempaka Az Zahra Banda Aceh.

Cut Lairisa bersama suaminya mengungkapkan rasa syukurnya selain karena anaknya telah lahir dengan selamat namun juga bersyukur karena dirinya telah menjadi peserta JKN-KIS melalui segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang didaftarkan oleh tempatnya bekerja disalah satu rumah sakit swasta di Kota Banda Aceh.

“Saya melahirkan harus melalui operasi bedah sesar karena sudah melewati usia kandungan normal 40 minggu, untuk keselamatan ibu dan bayi dokter memutuskan untuk dioperasi. Alhamdulillah saya dan bayi dalam keadaan sehat, dan yang paling bersyukurnya lagi semua biaya melahirkan ditanggung oleh program JKN-KIS,” ungkapnya saat ditemui di ruang perawatan pascaoperasi. 

Ia menceritakan pengalaman selama menggunakan JKN-KIS, banyak sekali kemudahan yang didapatnya bahkan dari awal dirinya masuk rumah sakit sampai saat ini masih dalam masa perawatan pasca persalinan.

“Program JKN-KIS sangat membantu, kemudahan pun sudah saya dan keluarga rasakan dari segala sisi, saya juga dirawat sesuai dengan hak kelas perawatannya yaitu kelas II,  pokoknya sesuai dengan yang diharapkan lah,” katanya.

Menurutnya, jika tidak ada program JKN-KIS mungkin ia tidak sanggup untuk membayar biaya persalinan melalui bedah sesar yang dirasa berat karena mencapai puluhan juta.

“Tidak rugi gaji saya dipotong setiap bulannya untuk iuran JKN-KIS sehingga sewaktu dibutuhkan seperti proses persalinan ini tidak ada biaya sedikitpun yang dikeluarkan, bayangkan jika saya belum menjadi peserta JKN-KIS pastinya sangat berat dari sisi biaya untuk kami yang berpenghasilan menengah ke bawah,” lanjutnya.

Ia mengajak masyarakat untuk segera mendaftar menjadi peserta program JKN-KIS terutama untuk para pemberi kerja untuk melindungi para pekerjanya karena dengan menjadi peserta JKN-KIS banyak sekali kemudahan dan manfaat yang diterima.[](adv)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.