19 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pertemuan Dinkes dengan ODHA Hingga Peresmian Klinik VCT

...

  • PORTALSATU
  • 04 May 2019 15:30 WIB

Peresmian Klinik VCT. Foto: dok. YPAP
Peresmian Klinik VCT. Foto: dok. YPAP

LHOKSEUMAWE - Yayasan Permata Atjeh Peduli (YPAP) memfasilitasi pertemuan pemangku kebijakan dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Dinas Kesehatan Kab/Kota, Dinas Sosial Kab/Kota dengan ODHA (Orang dengan HIV/AIDS), di Hotel Diana Lhokseumawe, 2 Mei 2019.

Kegiatan ini dihadiri 25 peserta dari Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Utara, Lhokseumawe, Banda Aceh, Bener Meriah dan Aceh Tengah. Tampil sebagai pemateri dari Dinas Kesehatan Aceh Ratnawati, SKM, MPH, menyampaikan tentang pelayanan kesehatan ODHA, kebijakan VCT dan ARV bagi ODHA. Lalu, NAD Support Group, Yuslidarwati, tentang studi kasus ODHA dan kebijakan pemerintah.

Saat sesi diskusi, ODHA menyarankan agar pemerintah dapat memberikan layanan kesehatan kepada ODHA tanpa stigma dan diskriminasi.

Klinik VCT HIV/AIDS

Sejak tahun 2018 – 2019, YPAP telah melakukan berbagai upaya bersama Dinas Kesehatan Bener Meriah dan Puskesmas Simpang Tiga, kabupaten setempat, dalam rangkaian pendirian Klinik VCT (voluntary counselling and testing) HIV/AIDS.

Direktur YPAP, Khaidir, mengatakan Kabupaten Bener Meriah memiliki kasus 15 penderita HIV. Kasus ini terus ditemukan sejak tahun 2019, sehingga Klinik VCT dinilai sangat penting untuk memberikan pelayanan pemeriksaan HIV bagi semua ibu hamil, penderita TBC dan pasien suspend (yang dicurigai terinfeksi).

Khaidir mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas Simpang Tiga, Bener Meriah, yang telah bekerja sama dengan YPAP, sehingga berdiri Klinik VCT dilengkapi petugas konselor dan ruangan VCT.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah, dr. Aliyin, saat meresmikan Klinik VCT meminta semua petugas untuk berkonsentrasi dan bekerja secara profesional dalam memberikan tindakan pelayanan dan perawatan kepada pasien. Semua ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan virus dan melindungi tenaga medis dari penularan.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.