12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ragam Manfaat Meditasi, Redakan Stres Hingga Cegah Demensia

...

  • TEMPO
  • 05 June 2020 23:00 WIB

Meditasi dipercaya dapat membantu seseorang menghilangkan stres dan memberikan kedamaian hati serta pikiran. Aktivitas ini sebagai proses melatih pikiran agar Anda dapat mengendalikan dan membuatnya menjadi lebih fokus. Beberapa bentuk meditasi dipercaya dapat meningkatkan citra diri sekaligus membuat hidup pelakunya menjadi lebih positif.

Sebuah studi yang melibatkan 18 sukarelawan mengungkapkan bahwa melakukan meditasi secara rutin dapat menurunkan depresi jangka panjang. Selain itu, meditasi juga dipercaya dapat memberikan keuntungan pada kesehatan seseorang yang rajin melakukan kegiatan ini, baik secara fisik maupun mental.
Berikut adalah manfaat meditasi yang bisa Anda dapatkan

1. Menjaga kesehatan emosi

Manfaat meditasi yang pertama adalah menjaga kesehatan emosi. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang disinggung sebelumnya, yakni melakukan meditasi secara rutin dapat menurunkan depresi jangka panjang. Selain itu, meditasi juga dapat menciptakan pandangan hidup yang lebih positif, optimis, dan meningkatkan citra diri yang baik. Hal ini terjadi karena pada saat seseorang melakukan meditasi, zat kimia sitokin dalam tubuh berkurang. Sitokin sendiri merupakan zat kimia peradangan yang dilepaskan oleh tubuh sebagai respons terhadap stres. 

2. Menjaga kesehatan tubuh dan membantu menyembuhkan penyakit

Selain menjaga kesehatan emosi, meditasi juga dipercaya dapat membantu seseorang dalam proses penyembuhan penyakit, terutama penyakit yang dapat semakin buruk kondisinya jika dalam kondisi stres.

Beberapa penyakit yang bisa mendapatkan manfaat dari meditasi, di antaranya kanker, asma, gangguan kecemasan, depresi, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, sakit kepala tegang, dan sindrom iritasi usus.

Meski begitu, perlu Anda ingat bahwa penggunaan meditasi sebagai penyembuhan penyakit bukanlah sebagai pengganti pengobatan. Metode ini hanya digunakan sebagai tambahan perawatan. Jangan lupa juga untuk mengonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter.

3. Membantu meredakan stres

Meditasi dapat membantu meradakan stres dengan mengembalikan tubuh ke dalam kondisi yang tenang sehingga tubuh dapat memperbaiki dirinya sendiri dan mencegah kerusakan baru dari efek stres. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan meditasi secara teratur dapat mengalami perubahan respons terhadap stres sehingga bisa lebih mudah meredakan dan mencegah stres. Bahkan, meditasi dapat membantu Anda untuk mengarahkan diri dan pikiran saat mulai dihadapi oleh pikiran negatif sehingga membantu diri Anda untuk tetap positif.

4. Mengontrol rasa cemas

Melakukan meditasi secara teratur dapat membantu Anda mengurangi rasa cemas dan masalah kesehatan mental yang erat kaitannya dengan kecemasan, seperti gangguan kecemasan, perilaku obsesif-kompulsif, dan fobia.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa meditasi juga dapat membantu seseorang mengatasi rasa cemas yang berkaitan dengan tekanan pekerjaan. Itu artinya jika Anda seorang pekerja kantoran dengan lingkungan kerja yang penuh tekanan, manfaat meditasi yang satu ini akan Anda butuhkan. 

5. Memperkuat daya ingat dan mencegah demensia

Sebuah studi menunjukkan bahwa metode meditasi yang menggabungkan antara nyanyian dan mantra dengan gerakan jari yang berulang untuk memfokuskan pikiran, dapat menjaga kesehatan daya ingat seseorang.

Selain menjaga kesehatan daya ingat yang berkaitan dengan usia, meditasi dianggap mampu meningkatkan sebagian ingatan pasien demensia. Melalui manfaatnya yang juga bisa meredakan stres, meditasi bisa membantu mereka yang merawat seseorang dengan demensia.[]sumber:tempo

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.