26 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Soal Penyakit Difteri, Ini Kata Dinkes Aceh

...

  • Fazil
  • 26 January 2020 10:00 WIB

Foto: Fazil/portalsatu.com
Foto: Fazil/portalsatu.com

SABANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh menyatakan kasus difteri di Aceh mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir. Tahun 2019 tercatat 129, tahun 2018 sebanyak 200 kasus dan 2017 berjumlah 117 kasus.

Hal itu disampaikan Pengelola Program Imunisasi Seksi Surveilans dan Imunisasi (SIM) Dinkes Aceh, Helmi, kepada para wartawan usai memberikan materi dalam workshop peliputan hak anak, di Mars Resort, Kota Sabang, Sabtu, 25 Januari 2020. Dia mengatakan, kasus difteri dalam tiga tahun terakhir terjadi peningkatan sangat signifikan.

"Memang ada terjadi penurunan pada tahun 2019 yakni 129 kasus (dibandingkan 2018 sebanyak 200 kasus). Kalau secara nasional kita termasuk provinsi yang masih banyak kasus difteri tersebut. Memang ada sejumlah provinsi lainnya di Indonesia yang paling tinggi kasus difteri," ujarnya. 

Dia menyebutkan, penyakit difteri ini sebenarnya bisa dilakukan pencegahan melalui imunisasi DPT atau difteri, pertusis, dan tetanus. "Imunisasi DPT itu merupakan program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan hingga ke posyandu. Kalau masyarakat rajin dan paham tentang pentingnya imunisasi, maka insya Allah penyakit difteri yang sangat menakutkan ini akan tercegah di bumi Aceh Darussalam," kata Helmi.

"Memang saat ini difteri menjadi momok bagi daerah khususnya di Aceh dikarenakan dengan komplikasi yang muncul jika seseorang anak itu menderita penyakit difteri".

"Yang pasti, untuk mencegah penyakit itu dengan cara imunisasi. Untuk itu kita berharap kepada masyarakat di daerahnya masing-masing untuk membawa anak-anak secara rutin sesuai jadwal imunisasi baik di posyandu, puskesmas, maupun rumah sakit," ujar Helmi.

Dalam workshop itu juga tampil pemateri Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Aceh, dr. Herlina Dimiati, yang menyampaikan tentang pentingnya melakukan imunisasi terhadap anak. Kegiatan itu diikuti 25  jurnalis dari berbagai media di Aceh.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.