24 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tanaman Krokot Diyakini Miliki Manfaat Kesehatan Ajaib, Begini Cara Konsumsinya

...

  • Intisari Online
  • 02 March 2019 15:30 WIB

Tanaman krokot diyakini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa untuk meringankan pembengkakan dan rasa sakit. Tanaman ini juga dipercaya jadi solusi terbaik untuk mengatasi batuk dan penyakit demam.

Penelitian mengungkapkan kandungan protein dalam krokot adalah 3,1 % lebih tinggi dari buah-buahan dan sayuran. Bahkan, lima kali lipat daripada labu.

Krokot juga bisa dikatakan sebagai sayuran protein yang ideal. Selain kaya akan kandungan protein, krokot kaya akan vitamin C dan Vitamin E yang lebih tinggi dari rata-rata sayuran. Serta kandungan karoten tinggi dari krokot, sekitar 42 mg/kg angka tersebut 10 kali lebih tinggi dari bayam.

Uniknya, tanaman ini bahkan termasuk dalam menu Olimpiade Beijing pada tahun 2008.

Karena kandungan yang begitu luar biasa dari tanaman ini maka Anda bisa mengonsumsinya. Namun harus melalui pemrosesan yang benar.

Dalam Farmakope China, metode pemrosesan krokot dijelaskan secara rinci. Tanaman ini dipanen saat musim panas dan musim gugur.

Untuk menghilangkan sisa akar dan kotoran yang masih menempel, sebaiknya Anda mencucinya kemudian mengeringkannya setelah dipotong. Baru kemudian, Anda dapat mengukus atau merebusnya lalu kembali mengeringkannya.

Dalam hal ini, pengobatan Tiongkok sangat ketat dalam mengontrol kadar air. Aspek ini untuk mengeringkan tanaman ini supada tidak memburuk, dan kondusif ketika diawetkan. Maka kadar air tidak boleh melebihi 9.0%, dan harus dikeringkan sepenuhnya.

Cara benar untuk makan Krokot

Dari sudut pandang diet seimbang, jika Anda memakan krokot dengan cara sembarangan, nutrisinya akan hilang.

Jika Anda memakannya sebagai sayuran, sudah pasti tidak maksimal. Oleh karena itu cara efektif adalah membersihkannya, dan mendinginkan krokot setelah itu mengeringkannya baru mengonsumsinya.

Hal itu karena memakan krokot kering ternyata dipercaya lebih efektif, asal cara pengeringannya benar.

Metode makan krokot kering

Mengeringkannya sebagai hidangan adalah cara paling efektif, Anda harus menyantapnya dengan lembut.

Bahkan untuk mengkreasinya, Anda juga bisa menjadikan krokot kering sebagai isi dalam roti baru kemudian Anda menyantapnya.

Penulis: Afif Khoirul M.[]Sumber: intisari.grid.id/Tautiao
 

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.